MKD Segera Rapim Karena Gagal Dapatkan Rekaman Asli

Lukman Diah Sari    •    Kamis, 10 Dec 2015 13:15 WIB
pencatut nama presiden
MKD Segera Rapim Karena Gagal Dapatkan Rekaman Asli
Mahkamah Kehormatan Dewan,--Foto: MI/Susanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) gagal mendapatkan ponsel Presiden PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin. Ponsel Maroef berisi rekaman asli mega skandal 'Freeport Gate'. Atas kegagalan tersebut, MKD akan segera melakukan rapat pimpinan menentukan langkah selanjutnya.

"Jadi berdasarkan surat ini (surat pernyataan Maroef), maka kami di MKD akan sesegera mungkin hari ini rapim untuk memutuskan langkah selanjutnya," kata Wakil Ketua MKD Junimart Girsang di Kejaksaan Agung, Jalan Sultan Hasanuddin, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (10/12/2015).

Junimart hari ini mendatangi Kejagung. Politikus PDIP itu berniat meminjam handphone (gawai) Maroef yang menyimpan rekaman asli pertemuan skandal 'Papa Minta Saham' antara Ketua DPR Setya Novanto, pengusaha M Riza Chalid, dan Maroef Sjamsoeddin.

"Kami ke sini untuk minta rekaman original atas keputusan rapat forum di internal," ungkap Junimart.

Menurut anggota Komisi III DPR itu, permintaan rekaman asli itu tidak terkait masalah etika atau hukum. MKD ingin mendalami barang bukti yang ada.

"Tapi ini masalah pendalaman barbuk sesuai dengan tata cara yang ada pada kami, peraturan DPR RI No 2 Tahun 2015," jelas Junimart.

MKD baru saja menyambangi Kejaksaan Agung untuk meminta rekaman asli 'Papa Minta Saham'. Namun, mereka harus kembali ke DPR dengan tangan hampa lantaran pemilik ponsel, Maroef Sjamsoeddin, enggan meminjamkan perangkat yang berisi rekaman itu ke MKD.


(MBM)