Komentar Abbott Terkait Islam Tak Pengaruhi Muslim di Australia

Willy Haryono    •    Jumat, 11 Dec 2015 11:14 WIB
australia
Komentar Abbott Terkait Islam Tak Pengaruhi Muslim di Australia
Wakil Menteri untuk Urusan Multikultural Australia, Concetta Fierravanti-Wells, di sela-sela Bali Democracy Forum (BDF) VIII di Nusa Dua, Bali, Kamis (10/12/2015). (Foto: MTVN/Willy Haryono)

Metrotvnews.com, Nusa Dua: Komentar mantan Perdana Menteri Australia Tony Abbott terkait Islam tak terlalu memengaruhi kehidupan Muslim di Negeri Kanguru. Muslim di Australia menjalani kehidupan seperti biasa. 

Demikian dilontarkan Wakil Menteri untuk Urusan Multikultural Australia, Concetta Fierravanti-Wells, di sela-sela Bali Democracy Forum (BDF) VIII di Nusa Dua, Bali, Kamis (10/12/2015). 

"Penting untuk diketahui bahwa Muslim di Australia terintegrasi dengan baik," kata Concetta, 

Dalam surat yang dipublikasikan tabloid News Corps belum lama ini, Abbott mengatakan "Islam tidak pernah memiliki versi reformasi sendiri." Abbott menilai Islam perlu direformasi demi mencegah lahirnya bibit-bibit ekstremis yang dapat melancarkan serangan teroris di kemudian hari. 

Terkait masalah itu, Concetta mengajak komunitas internasional untuk tidak masuk ke dalam jebakan teroris, yang berusaha memecah belah kesatuan. Ia mengatakan komunitas Muslim, dan juga komunitas agama lainnya di Australia, merupakan satu kesatuan yang penting.

Di bawah pemerintahan baru Perdana Menteri Malcolm Turnbull, Australia terus mendorong kebebasan beragama yang bebas dari intimidasi dan diskriminasi. 

"Kami ingin mendukung suara-suara Muslim moderat di Australia," tutur Concetta. 

Sementara itu terkait BDF, Concetta menegaskan acara tersebut sangat penting dan efektif, baik di kawasan dan juga dalam lingkup global. "Kita datang, kita berbagi cerita, berbicara mengenai pengalaman positif mengenai demokrasi dan lainnya. Dialog terbuka, saling memahami, adalah hal yang baik dan penting di BDF," ujar Concetta. 


(WIL)