Novel Bakal Didampingi 60 Pengacara

Antara    •    Jumat, 11 Dec 2015 11:47 WIB
novel baswedan
Novel Bakal Didampingi 60 Pengacara
Penyidik KPK Novel Baswedan--MI/Mohamad Irvan

Metrotvnews.com, Bengkulu: Sebanyak 60 pengacara akan mendampingi Novel Baswedan dalam menghadapi kasus hukum yang tengah dihadapi. Puluhan pengacara tersebut berasal dari berbagi kota di Indonesia.

"Mereka berasal dari Jakarta, Surabaya, dan Makassar," kata kuasa hukum Novel, Muji Kartika Rahayu, di Bengkulu, Jumat, (11/12/2015).

Muji menjamin dalam setiap tahapan penyelesaian kasus hukum Novel selalu lengkap didampingi oleh kuasa hukum. "Memang tidak langsung turun seluruhnya, tetapi akan turun tiga sampai empat orang setiap menghadapi panggilan kejaksaan," terang Muji.

Dengan jumlah pengacara sebanyak itu, Muji yakin Novel tetap tidak kekurangan pendampinangan pengacara. Meskipun para pengacara itu juga mengurus perkara lain. "Contohnya rekan kami Soar Siagian tidak mendampingi saat pelimpahan berkas pada hari Kamis (10/12) karena yang bersangkutan sedang di Papua, tetapi ada yang menggantikan," kata Muji.

Novel disangkakan terlibat dugaan penganiayaan berat terhadap pelaku pencurian sarang burung walet di Bengkulu pada tahun 2004. Saat itu Novel menjabat Kasat Reskrim Kepolisian Resor Kota Bengkulu.

Kasus Novel Baswedan telah rampung dilimpahkan pada Kamis 10 Desember malam ke Kejaksaan Negeri Bengkulu. Seluruh bukti dinyatakan lengkap.

Berkas perkara Novel diregister di Kejari Bengkulu dengan nomor BP/13/V/2015/DITTIPIDUM tentang pidana turut atau bersama-sama melakukan penganiayaan yang mengakibatkan luka berat atau meninggal dunia. Novel awalnya didatangkan ke Bengkulu pada tanggal 3 Desember 2015 untuk pelimpahan kasus tahap dua ke Kejari Bengkulu.

Novel dibawa ke Markas Kepolisian Daerah Bengkulu Direktorat Reserse Kriminal Umum. Di sana, dia bersama pengacaranya dikatakan menyelesaikan pengurusan administrasi hingga Kamis 3 Desember pukul 23.00 WIB.

Batal pelimpahan kasus, Novel kembali ke Jakarta pada hari Jumat 4 Desember menggunakan pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA-298. Pada hari Kamis 10 Desember siang, Novel Baswedan didatangkan kembali dan menyelesaikan pelimpahan berkas perkara serta tersangka ke Kejari Bengkulu.


(YDH)