Senin, KPU Ajukan Memori Kasasi ke MA

Achmad Zulfikar Fazli    •    Jumat, 11 Dec 2015 15:34 WIB
pilkada serentak
Senin, KPU Ajukan Memori Kasasi ke MA
Ketua KPU Husni Kamil Manik. Foto: MI/Ramdani

Metrotvnews.com, Jakarta: KPU memutuskan mengajukan kasasi atas putusan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTUN) yang mengabulkan gugatan dua calon kepala daerah. KPU akan mengajukan memori kasasi ke Mahkamah Agung, Senin 14 Desember.

Pengadilan mengabulkan gugatan yang diajukan calon gubernur dan calon wakil gubernur Kalimantan Tengah Ujang Iskandara-Jawawi serta pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Fakfak Donatus Nimbitkendik-Abdul Rahman.

"Memori kasasi sudah (dibuat) akan diajukan Senin," kata Ketua KPU Husni Kamil Manik di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (11/12/2015).

Menurut Husni, pihaknya akan meminta kepada MA agar segera memutuskan kasasi ini. Untuk tiga gugatan lainnya, KPU masih menunggu proses hukum di PTUN.

KPU menunda pelaksanaan pilkada di lima daerah, yakni Provinsi Kalimantan Tengah, Kota Pematang Siantar, Kabupaten Simalungung, Kota Manado, dan Kabupaten Fakfak.

Untuk sengketa calon kepala daerah Kota Pematang Siantar, Kota Manado, dan Kabupaten Simalungung, Pengadilan mengeluarkan putusan sela untuk menangguhkan putusan KPU yang mencoret penacalonan kepala daerah tersebut.


(TRK)