Pendekatan ASEAN di Meksiko Manfaatkan Akademisi

Fajar Nugraha    •    Sabtu, 12 Dec 2015 14:58 WIB
asean
Pendekatan ASEAN di Meksiko Manfaatkan Akademisi
Pendekatan ASEAN di Meksiko (Foto: Dok. KBRI Meksiko)

Metrotvnews.com, Meksiko City:  ASEAN Commission in Mexico City (ACMC) terus memperkenalkan ASEAN di Meksiko. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menyelengarakan kegiatan bersama untuk terus memperkenalkan ASEAN di Meksiko.

"Sudah saatnya kalangan akademisi Meksiko paham akan ASEAN, utamanya perkembangan ASEAN paska ASEAN Summit 2015 yang baru saja terselenggara di Malaysia pada November," ujar Dubes Indonesia untuk Meksiko Yusra Khan, dalam keterangan tertulis KBRI Meksiko City, yang diterima Metrotvnews.com, Sabtu (12/12/2015).

"Akhir tahun 2015 merupakan momen penting dan bersejarah bagi ASEAN dengan dimulainya Komunitas ASEAN yang akan semakin mendekatkan dan mensinergikan kesepuluh negara anggota ASEAN menuju integrasi dan kemakmuran bersama," imbuh Dubes Yusra.

Dalam kegiatan diskusi bertajuk "Meja Dialogo Los Paises de la Asociacion de Naciones del Sudeste Asiatico en Mexico di Aula Magna El Colegio de San Luis (COLSAN)" di kota San Luis Potosi, Meksiko, ditujukan untuk memperkenalkan ASEAN kepada kalangan akademisi Colsan.

Diskusi terbatas itu diselenggarakan atas kerja sama ACMC dan COLSAN pada 10 Desember 2015 dan dibuka oleh Presiden COLSAN, Dr. Maria Isabel Monroy Castillo dan Duta Besar Filipina, Catalino Jr. Dilem Reinate selaku Ketua ACMC periode Juli-Desember 2015.

"Kegiatan ini ditujukan untuk memperkenalkan ASEAN kepada kalangan akademisi COLSAN khususnya mengenai pencanangan Komunitas ASEAN di akhir 2015 ini yang akan mempercepat proses perkembangan ekonomi, politik, dan sosial budaya di kawasan Asia Tenggara," tutur Monroy.

Hal yang sama juga disampaikan Duta Besar Catalino Dilem yang juga menyampaikan apresiasinya terhadap COLSAN atas penyelenggaraan kegiatan diskusi ini.

Dimoderatori oleh Dr. Tomas Calvillo dari COLSAN, menghadirkan kelima Duta Besar anggota ACMC, yaitu Duta Besar Catalino Dilem, Duta Besar Yusra Khan, Duta Besar Mohammad Azhar Bin Mazlan (Malaysia), Duta Besar Surasak Chuasukonthip (Thailand), dan Duta Besar Linh Lan Le (Vietnam), sebagai pembicara. Kelima Duta Besar menyampaikan informasi mengenai sejarah ASEAN, tiga pilar kerja sama ASEAN, visi dan misi ASEAN di bawah kepemimpinan Malaysia selaku Ketua ASEAN tahun 2015 serta kesepakatan ASEAN Summit 2015, konektivitas  ASEAN, dan peran sentral ASEAN dan kemitraan ASEAN di kancah internasional.

Sekitar 100 civitas academica COLSAN serta dari universitas lain di kota San Luis Potosi, menanyakan antara lain mengenai tantangan kerja sama ASEAN ke depan dan peran sentral ASEAN dalam menghadapi konflik internal negara anggota. Hal lain yang menarik perhatian civitas academica yang hadir yaitu mengenai hubungan bilateral antara Meksiko dengan masing-masing negara ASEAN.

Para akademisi juga tertarik atas posisi masing-masing negara ASEAN terhadap dinamika kerja sama internasional seperti APEC (Asia Pacific Economic Cooperation) dan TPP (Trans Pacific Partnership).


(FJR)