Pusamania Borneo FC vs Surabaya United

Comeback Sempurna Pusamania Hempaskan Surabaya

A. Firdaus    •    Minggu, 13 Dec 2015 17:30 WIB
piala jenderal sudirman
<i>Comeback</i> Sempurna Pusamania Hempaskan Surabaya
Duel antara Pusamnia Borneo versus Surabaya United (Foto: Antara/Umarul Faruq)

Metrotvnews.com, Sleman: Comeback sempurna dijalani Pusamania Borneo FC pada laga perdana Grup E Piala Jenderal Sudirman, Minggu 13 Desember 2015. Sempat tertinggal, Pusamania akhirnya mengemas kemenangan 2-1 atas Surabaya United.

Kemenangan ini membuat Pusamania untuk sementara memimpin Grup E dengan koleksi tiga poin. Sementara itu, di pertandingan lainnya antara Arema Cronus dengan Persipura Jayapura baru akan berlangsung malam nanti.

Kedua klub menerapkan permainan dengan tempo tinggi pada laga yang dihelat di Stadion Maguwoharjo tersebut. Pusamania maupun Surabaya terlihat bergantian melancarkan serangan sejak menit awal.

Winger Surabaya United, Ilham Udin sempat membuat kiper Pusamania, Galih Sudaryono bekerja keras pada menit ketiga. Ketika itu, bola sepakan Ilham dari tendangan penjuru mengarah langsung ke mulut gawang. Beruntung bagi Pusamania, Galih siap mengantisipasinya.

Ilham akhirnya membuka keunggulan Surabaya United atas Pusamania pada menit ke-12. Setelah lolos dari jebakan offside, Ilham dengan tenang melewati Galih sebelum menceploskan bola ke dalam gawang. 1-0 untuk Surabaya United.

Pusamania coba bereaksi usai tertinggal gol dari Ilham Udin. Salah satu peluang Pusamania diciptakan Jajang Mulyana pada menit ke-29. Namun usaha Jajang ketika itu tidak membuahkan gol karena bola melewati pinggir gawang Surabaya yang dikawal Jendri Pitoy.

Gelandang Surabaya, Evan Dimas, yang notabene mantan kapten Timnas U-19 sempat menyia-nyiakan peluang pada menit ke-32. Evan yang tinggal berhadapan dengan Galih harus gigit jari karena bola hasil sepakannya masih bisa ditepis kiper Pusamania itu.

Pusamania kembali menciptakan peluang melalui Sultan Samma pada menit ke-38. Namun bola hasil sundulannya memanfaatkan sepak pojok ternyata jatuh tepat ke pelukan Jendri Pitoy.

Evan kembali mendapatkan peluang pada pengujung laga. Tapi lagi-lagi usaha Evan mampu diantisipasi oleh Galih. Peluang dari Evan itu menandai berakhirnya 45 babak pertama. Surabaya unggul 1-0 atas Pusamania.

Pusamania langsung mengejutkan Surabaya dengan mencetak gol penyeimbang pada menit ke-46. Pada saat itu, tendangan bebas Rizky Pora menggetarkan jala gawang Surabaya dan membuat Jendri Pitoy hanya terperangah ketika bola masuk ke gawangnya.

Pusamania berbalik unggul menjadi 2-1 pada menit ke-58. Gol Pusamania dicetak oleh legiun asingnya, Goran Gancev. Pemain asal Macedonia itu menggetarkan gawang Jendri Pitoy usai memanfaatkan sepak pojok.

Serangan Pusamania makin menggila setelah gol itu tercipta. Meski sudah unggul 2-1, mereka tetap memberikan ancaman ke gawang Jendri Pitoy. Salah satu peluang Pusamania untuk memperbesar keunggulan terjadi pada menit ke-83. Pada saat itu, sepakan keras Sandi Sute bisa membawa Pusamania kian meninggalkan Surabaya andai tendangannya tak ditepis Pitoy.

Pertandingan menjurus kasar pada lima menit akhir. Keributan kecil sempat terjadi saat pemain Surabaya, Rudi Widodo menekel dengan keras pemain Pusamania. Tanpa ampun, wasit memberi Rudi kartu merah sehingga membuat Surabaya hanya bermain dengan 10 pemain di sisa pertandingan.

Kejadian itu juga menjadi penanda berakhirnya babak kedua, dan membuat Pusamania berhasil mempertahankan keunggulan 2-1 hingga sisa pertandingan.

Susunan Pemain
Pusamania:
1.Galih; 24. Diego Michiels, 23. Hamka Hamzah, 5. Goran Gancev, 89. Rizky Pora; 10. Srdan Lopici, 19. Ade Jantara; 28. Terens G. Puhiri, 22. Sultan Samma 44. Arphany; 8. Jajang Mulyana

Surabaya United: 1. Jendri Pitoy; 21. Fatchu Rochman, 46. Firli Apriansya, 5. Otavia Dutra, 2. I Putu Gede; 6. Evan Dimas, 4. Asep Berlian, 16. Zulfiandi; 20. Ilham Udin, 14. Pedro Javier, 22. Fandi Utomo


(HIL)