Motor Baru

Mesin Superbike Baru Honda Bakal Berkonfigurasi V4

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 14 Dec 2015 11:00 WIB
honda
Mesin Superbike Baru Honda Bakal Berkonfigurasi V4
Inilah wujud mesin V4 Honda yang siap dipasangkan. Asphaltandrubber

Metrotvnews.com: Sebuah rumor mengatakan kalau Honda tengah bersiap menghadirkan superbike, dengan mesin anyar. Mesin itu sendiri berkonfigurasi V4 1000 cc.

Sudah sejak satu dekade yang lalu Honda berniat mengembangkan mesin ini, dan baru mulai diwujudkan melalui RC213V-S, yang merupakan jelmaan tunggangan MotoGP Honda.

Model tersebut kabarnya adalah RVF1000R atau versi 'murah' dari model RC213V-S. Tetsuo Suzuki, Head of Honda R&D sendiri mengatakan ada tiga opsi yakni mengganti Fireblade, RVF1000 atau versi murah dar RC213V-S tadi.

"Kami akan melakukan studi untuk ketiganya, dan semuanya tengah kami pikirkan dengan serius. Tapi hanya ada satu atau dua dari tiga opsi tadi yang akan kami produksi kelak," paparnya, seperti ditulis Asphaltandrubber.

Bisa dipastikan, yakni Honda seperti akan mengganti mesin empat silinder segaris dengan V4. Ini untuk memenuhi keinginan konsumen, baik penggunaan harian atau trek balap.

Tapi nama CBR akan tetap digunakan untuk street bike, dan VFR kabarnya lebih difokuskan untuk penggunaan trek balap. Masih banyak teka-teki dari Honda, yang jelas tahun 2017 disebut jadi waktu kemunculan jagoan baru Honda ini.

Ini berhubungan erat dengan kepindahan Nicky Hayden ke ajang balap WSBK, yang tahun ini bakal melakukan riset besar bersama Honda. Disinyalir, motor inilah nantinya yang bakal jadi generasi baru motor Honda di ajang balap superbike untuk bisa bersaing dengan Kawasaki, Aprilia serta Yamaha.


(UDA)