Ini Tiga Nama Calon Peraih Gelar Pemain Terbaik Afrika 2015

Krisna Octavianus    •    Selasa, 15 Dec 2015 00:25 WIB
liga dunia
Ini Tiga Nama Calon Peraih Gelar Pemain Terbaik Afrika 2015
Yaya Toure calon kuat peraih pemain terbaik Afrika 2015 (Foto: AP/Jon Super)

Metrotvnews.com, Mesir: Asosiasi Sepak Bola Afrika (CAF) mengumumkan tiga nama calon peraih gelar pemain terbaik Afrika. Ketiga pemain itu adalah Gelandang Manchester City Yaya Toure, striker Borussia Dortmund Pierre-Emerick Aubameyang, dan striker Swansea City Andre Ayew.

Toure masuk daftar nominasi setelah membawa Pantai Gading menjuarai Piala Afrika 2015 pada Januari. Jika menang, ini akan menjadi gelar kelima tahun berturut-turut baginya. Akan tetapi, ia menghadapi persaingan yang ketat dari bintang asal Gabon, Aubameyang yang tampil cemerlang untuk Dortmund sejak musim lalu.

Baik Toure dan Aubameyang dipercaya akan bersaing ketat untuk mendapatkan gelar ini. Tahun lalu, adik dari Kolo Toure itu berhasil mengungguli Aubameyang.

Namun, jangan kesampingkan nama Andre Ayew. Ia bisa menjadi kuda hitam setelah tampil apik bersama timnas Ghana dan sejauh ini sukses mencetak enam gol di Liga Primer Inggris untuk Swansea.

Toure sejauh ini adalah menjadi salah satu pemain dengan gelar pemain terbaik Afrika terbanyak, yakni empat gelar. Raihan gelarnya sama dengan legenda Kamerun Samuel Eto'o yang pernah merasakan manisnya penghargaan pada 2003, 2004, 2005, dan 2010.

Pemenang akan diumumkan pada tanggal 7 Januari 2016. Pemenang akan ditentukan lewat pemungutan suara yang dilakukan pelatih tim nasional seluruh negara yang tergabung dalam CAF. (Soccerway)


(KRS)