Ketua Komisi VII: Pertamina Tak Butuh Perpres Pembangunan Kilang Minyak

Annisa ayu artanti    •    Selasa, 15 Dec 2015 17:35 WIB
kilang minyak
Ketua Komisi VII: Pertamina Tak Butuh Perpres Pembangunan Kilang Minyak
Kilang Minyak. AFP PHOTO/MARWAN NAAMANI.

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Komisi VII DPR-RI Kardaya Warnika mengatakan PT Pertamina (Persero) sebenarnya tidak membutuhkan berbagai macam aturan untuk mendukung pembangunan kilang minyak. Tapi yang terpenting adalah suntikan dana untuk pembangunan tersebut.

Hal itu dikatakan Kardaya lantaran selama ini Pertamina hanya mengoperasikan kilang yang sudah ada. Di mana kilang-kilang tersebut notabene merupakan kilang milik Pemerintah.

"Selama ini sejak RI merdeka, yang bikin kilang bukan Pertamina, tapi Pemerintah. Pemerintah hanya mengawasi, kalau sudah jadi baru diberikan ke Pertamina," kata Kardaya saat 'Refinary Day 2015', di Kantor Pusat Pertamina, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta, Selasa (15/12/2015).

Kardaya menjelaskan, bila mengandalkan Perpres kilang yang akan dikeluarkan awal tahun depan, maka pembangunan kilang tidak akan jadi.

"Kalau mengandalkan Perpres saja, apa yang diperkirakan tidak terjadi. Yang dibutuhkan Pertamina bukan Perpres, tapi uang," ucap dia.

Menurutnya, pembangunan kilang besar dinilai tidak ekonomis, begitu juga dengan kilang kecil. Kardaya menilai hal ini merupakan asumsi yang diputarbalikan.

"Kalau kilang dihitung tidak ekonomis, saya tidak yakin benar. Kilang kecil yang 3.000 barel per hari itu ekonomis. Kenapa kilang yang besar tidak ekonomis atau malah rugi? Ini asumsi yang sudah diputarbalikkan," pungkas dia.


(SAW)