Menteri Susi Berharap Thailand Diberi Kartu Merah oleh EU

Gervin Nathaniel Purba    •    Selasa, 15 Dec 2015 20:23 WIB
kelautan dan perikanan
 Menteri Susi Berharap Thailand Diberi Kartu Merah oleh EU
Menteri KKP Susi Pudjiastuti (ANTARA FOTOM Agung Rajasa).

Metrotvnews.com, Jakarta: Uni Eropa (EU) memberikan kartu kuning atau peringatan kepada Thailand lantaran melakukan pencurian ikan dan melakukan perbudakan anak buah kapal di wilayah perairan Indonesia. Akibatnya, produk perikanan dari Thailand dibatasi masuk ke sejumlah pasar Eropa.

Menanggapi hal ini, Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Susi Pudjiastuti berharap agar EU bisa memberikan kartu merah kepada negeri Gajah Putih tersebut. Menurutnya, hal ini akan memberikan dampak baik kepada perikanan Tanah Air.

"Saya berharap mereka (Thailand) dapat kartu merah. Kalau begitu makin bagus lagi perikanan kita," ujar Susi dalam sambutannya di Gedung Mina Bahari I Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta Pusat, Selasa (15/12/2015).

Namun, Ia mengatakan saat ini Thailand tengah bekerja keras untuk mengangkat kartu kuning yang dijatuhkan UE. Apabila kartu kuning tersebut dicabut kembali, berarti Thailand akan kembali mendapat pembebasan tarif bea masuk.

"Hampir kemarin UE menghapuskan kembali. Kalau di clear kan kembali berarti mereka nol persen lagi (tarif). Ini yang kita tidak mau," keluhnya..


(SAW)