KPU Surabaya Habiskan Rp40 M untuk Pilkada

Amaluddin    •    Selasa, 15 Dec 2015 21:34 WIB
pilkada serentak
KPU Surabaya Habiskan Rp40 M untuk Pilkada
Ilustrasi/Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Surabaya: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya, Jawa Timur, menghabiskan Rp40 miliar untuk penyelenggaraan pemilihan kepala daerah hingga pencoblosan pada 9 Desember kemarin.

"Kami lupa besaran jumlah anggaran yang sudah digunakan, kalau gak salah angaran yang sudah kami keluarkan sampai selesai pencoblosan sekitar Rp40 miliar," kata Komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Perencanaan, Keuangan, dan Logistik, Miftakhul Gufron, saat dihubungi Metrotvnews.com, Surabaya, Selasa (15/12/2015).

Total anggaran yang diterima KPU Kota Surabaya untuk penyelenggaraan pilkada adalah Rp70,3 miliar. Ghufron mengatakan dana yang diambilkan dari dana hibah Pemkot Surabaya itu dikeluarkan pada Mei hingga bulan Desember. 

Selain pendaftaran kepala daerah, biaya itu juga untuk honor Panitia Penyelenggara tingkat Kelurahan (PPK), Panitia Pemungutan Suara tingkat kelurahan (PPS), Petugas Pemutakhiran Data dan Pemilih (PPDP) dan akomodasi untuk tahapan Pilkada Surabaya sampai pencoblosan 9 Desember kemarin.

Kata Ghufron, masih ada sekitar Rp30 miliar sisa anggaran yang belum digunakan. Menurut dia, untuk sisa anggaran miliaran masih akan digunakan untuk tahapan pilkada selanjutnya, yakni penghitungan surat suara manual.

"Kami tidak bisa berandai-andai berapa anggaran yang akan tersisa. Yang jelas akan kami serahkan laporan pertanggungjawaban ke DPRD dan sisanya akan kami kembalikan," kata dia.

Saat ini KPU Kota Surabaya sedang bersiap melaksanakan rekapitulasi manual hasil pilkada Kota Surabaya. Usai tahap rekapitulasi ini, KPU akan mengumumkan siapa yang akan menjadi wali kota dan wakil wali kota Surabaya untuk lima tahun ke depan.


(UWA)