5 Juta Bibit Tanaman Siap Hijaukan Brebes

Kuntoro Tayubi    •    Selasa, 15 Dec 2015 22:42 WIB
penanaman 1 miliar pohon
5 Juta Bibit Tanaman Siap Hijaukan Brebes
Bupati Idza Priyanti menanam pohon secara simbolis dalam acara HMPI dan BMN, di Desa Grinting, Kecamatan Bulakamba, Brebes. Foto: Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi

Metrotvnews.com, Brebes: Pemerintah Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, menyiapkan 5 juta bibit tanaman untuk menghijaukan kembali daerahnya. Ribuan bibit di antaranya sudah ditanam saat peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN), di Desa Grinting, Kecamatan, Bulakamba, Brebes, Selasa (15/12/2015).
 
Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Brebes, Eko Andalas Muchti, mengatakan rangkaian kegiatan pencanangan gerakan penanaman satu miliar pohon ini untuk meningkatkan kepedulian seluruh komponen bangsa akan pentingnya fungsi pohon.
 
Di antaranya menghasilkan oksigen, meningkatkan cadangan air, serta penurunan emisi gas rumah kaca. Ia juga mengajak seluruh komponen bangsa menanam secara berkelanjutan untuk merehabilitasi lahan yang ada.
 
Saat ini sudah tersedia 5.099.652 batang bibit tanaman yang akan ditanam di beberapa lokasi. Di antaranya hutan negara dan lahan kritis di luar kawasan hutan termasuk lahan milik desa maupun masyarakat pribadi.
 
“Ditandai dengan penanaman 1.000 bibit pohon yang terdiri dari 500 batang bibit mahoni, 250 batang bibit mangga, dan 250 batang bibit jambu air di Desa Grinting, Kecamatan Bulakamba,” kata Eko.
 
Bupati Brebes Idza Priyanti berharap masyarakat terlibat dalam gerakan penanaman pohon ini. Selain turut serta menanam pohon, masyarakat juga diminta ikut menjaganya.
 
“Kegiatan penghijauan ini bukan hanya bermanfaat mengembalikan kehijauan hutan, bukit atau lahan hijau, namun juga sebagai investasi yang kelak akan menyediakan lingkungan yang asri, sehat dan pasokan air yang melimpah bagi generasi mendatang,” ujarnya.



(UWA)