Setya Novanto Mundur

Kediaman Setya Novanto Sunyi

Riyan Ferdianto    •    Kamis, 17 Dec 2015 12:22 WIB
pencatut nama presiden
Kediaman Setya Novanto Sunyi
Kediaman Ketua DPR Setya Novanto--Metrotvnews.com/Riyan Ferdianto

Metrotvnews.com, Jakarta: Kediaman Setya Novanto di Jalan Wijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, tampak sunyi. Tak ada kegiatan yang terlihat, selepas Novanto mengundurkan diri dari posisi Ketua DPR.

Pantauan Metrotvnews.com, Kamis (17/12/2015), ada beberapa mobil dan motor polisi terparkir di depan kediaman Novanto. Sejumlah penjaga berada di dalam pos jaga di samping rumah. Menurut salah satu penjaga, semalam ada kegiatan pengajian di kediaman Novanto.

"Iya semalam ada pengajian di sini," kata petugas keamanan yang tidak mau disebutkan namanya itu.

Sejak pagi buta, Novanto telah meninggalkan rumah. Tak tahu ke mana tujuan Novanto. "Bapak sudah dari pagi pergi," ucap sang petugas.

Novanto resmi mengundurkan diri, Rabu (16/12/2015) malam. Surat resmi pengunduran diri Novanto telah dibacakan dalam sidang tertutup di Mahkamah Kehormatan Dewan.

"Saya bacakan surat yang saya terima langsung dari yang bersangkutan: Sehubungan dengan penanganan pengaduan etika yang sedang berlangsung di DPR RI, dengan ini saya menyatakan pengunduran diri dari Ketua DPR RI 2014-2019," kata anggota MKD Sufmi Dasco, Rabu, 16 November.

Dalam surat tersebut tidak dijelaskan terkait pengakuan bersalah Novanto. Novanto mengatakan pengunduran dirinya dari kursi pimpinan DPR didasari pada pertimbangan situasi yang berkembang selama sidang MKD. Sikap ini dilandasi atas kecintaannya kepada kepentingan bangsa.

Novanto menjelaskan, selama dirinya menjabat sebagai pimpinan DPR, ada banyak dinamika politik yang terjadi. Namun, dia bilang, dinamika itu kerap menjegal dirinya dalam menjalankan tanggung jawab sebagai Ketua DPR.


(YDH)