Pemilih yang Mencoblos di Pilkada Manokwari Tak Capai 100 Ribu

Antara    •    Kamis, 17 Dec 2015 20:06 WIB
pilkada serentak
Pemilih yang Mencoblos di Pilkada Manokwari Tak Capai 100 Ribu
Ilustrasi/Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Manokwari: Sebanyak 30.060 pemilih di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, tidak menyalurkan hak suaranya pada pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak pada 9 Desember lalu.

Sekretaris KPU Manokwari, Rustam Efendi, pada pleno rekapitulasi penghitungan suara di kantor KPU setempat mengatakan daftar pemilih tetap (DPT) di daerah itu tercatat 125.921 pemilih.

"DPTB-1 kosong, DPTH atau pemilih pindahan lima orang, dan DPTB-2 atau pemilih yang menggunakan KTP serta identitas lain saat mencoblosan sebanyak 2.980 pemilih," kata dia sebelum Rustam mengesahkan hasil rekapitulasi itu, seperti dilansir Antara, Kamis (17/12/2015).

Total pemilih pada pilkada Manokwari, lanjut dia, sebanyak 128.906 pemilih. Sementara, pengguna hak suara pada pilkada tersebut, sebanyak 98.846 pemilih. "Surat suara sah sebanyak 97.218, yang tidak sah sebanyak 1.628," kata dia lagi.

Rustam mengakui partisipasi pemilih di daerah itu menurun dari pemilihan legislatif dan presiden 2014 lalu yang mencapai 90 persen. Ia menilai penurunan ini terjadi menyusul pemekaran Kabupaten Manokwari Selatan dan Pegunungan Arfak.

Ia menjelaskan, pada pileg dan pilres lalu, pemilih tersebar di 25 distrik. Sembilan distrik di Kabupaten Manokwari, enam distrik di Manokwari Selatan, dan sepuluh distrik di Pegunungan Arfak. "Saat ini, pemilih kita tersisa sembilan distrik, otomatis jumlah pemilih berkurang jauh, " ujarnya.

Komisioner KPUD Manokwari, Teddy Pattikaihatu, mengatakan, partisipasi pemilih di Manokwari, mencapai 78 persen. Meskipun lebih kecil dibanding partisipasi pemilih pada pileg dan [ilpres, namun raihan 78 persen partisipasi pemilih ini sudah melampaui target yang diterapkan KPU pusat.



(UWA)