Dianggap Terlalu Muda, Surya Tjandra Tak Dapat Suara

M Rodhi Aulia    •    Kamis, 17 Dec 2015 23:04 WIB
capim kpk
Dianggap Terlalu Muda, Surya Tjandra Tak Dapat Suara
Calon pimpinan KPK Surya Tjandra saat melakukan uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III. MI/M Irfan.

Metrotvnews.com, Jakarta: Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Surya Tjandra gagal terpilih sebagai salah satu Pimpinan KPK periode 2015-2019. Dari hasil voting yang diikuti 54 Anggota Komisi III DPR, tak ada satupun yang mendukung Surya.

Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond J Mahesa mengatakan, calon yang berhasil lolos hingga tahap uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR itu, perlu belajar banyak.

"Surya Tjandra terlalu muda. Dia belum berpengalaman," kata Desmond di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (17/12/2015).

Surya merupakan Direktur Trade Union Rights Centre yang juga dosen hukum Unika Atmajaya. Surya masih cukup muda, ia masih berusia 44 tahun. Surya mengantongi rekomendasi untuk menjadi pimpinan KPK dari Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Lima orang yang terpilih menahkodai lembaga antikorupsi periode 2015-2019 di antaranya,  Agus Rahardjo dengan perolehan suara sebanyak 53 suara, Basaria Pandjaitan, sebanyak 51 suara Alexander Marwata, sebanyak 46 suara , Laode Muhammad Syarif dan Saut Situmorang masing-masing mendapatkan sebanyak 37 suara.

Sementara sisa nama capim KPK lain dinyatakan tidak terpilih sebagai Pimpinan KPK periode mendatang. Mereka adalah Johan Budi Sapto Prabowo yang mendapatkan 25 suara, Robby Arya Brata 14 suara, Sudjanarko 3 suara, Busyro Muqoddas 2 suara dan Surya Tjandra tidak mendapatkan suara sama sekali alias nol.


(DRI)