Sunda Kelapa, Wisata Warisan Sejarah dan Budaya Bangsa

Putu Radar Bahurekso    •    Sabtu, 19 Dec 2015 17:42 WIB
wisata sejarah
Sunda Kelapa, Wisata Warisan Sejarah dan Budaya Bangsa
Save Our Sunda Kelapa. (foto:MTVN/Putu Radar)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sunda Kelapa merupakan salah satu pelabuhan kuno pertama yang ada di Indonesia. Keberadaan Sunda Kelapa diperkirakan sudah sejak abad kelima pada masa Kerajaan Tarumanegara.

Keberadaan Sunda Kelapa membuat kawasan Jakarta menjadi daerah penting bagi perdagangan. Banyak pedagang berdatangan dari berbagai negara seperti Eropa, Cina, dan Timur Tengah. 

“Pelabuhan Sunda Kelapa punya dua hal yang sangat penting yaitu sejarah dan budaya,” ucap Yori Antar, penggagas gerakan Save Our Sunda Kelapa saat ditemui di Kemang, Jakarta.

Perkembangan wilayah Jakarta yang berangkat dari majunya Sunda Kelapa membuat pelabuhan ini menjadi sebuah warisan sejarah dan budaya bangsa. Sejarahnya yang panjang dan kontribusinya bagi perkembangan wilayah Jakarta dan juga Nusantara membuat Sunda Kelapa memiliki nilai sejarah yang penting dan berharga.

“Sunda Kelapa sangat kaya akan sejarah. Sunda Kelapa sudah ada sejak abad kelima dulu dan mulai terkenal pada abad ke 12. Bahkan dulu titik nol kota Batavia itu di adanya di Menara Syahbandar,” jelas Yori Antar. 

Sunda Kelapa juga merupakan aset budaya. Kawasan bersejarah seperti gedung-gedung peninggalan Eropa di sekitar Sunda Kelapa kini banyak yang menjadi tempat pelestarian budaya seperti museum.

“Dari sisi kebudayaan, Sunda Kelapa merupakan pelabuhan tradisional yang masih ada hingga saat ini. Indonesia merupakan negara maritim, apalagi kita selalu diberitahu kalau nenek moyang kita adalah seorang pelaut," tambahnya.

“Indonesia juga punya sebuah kapal yang terkenal yakni kapal Pinisi. Kapal Pinisi merupakan aset budaya sekaligus sejarah. Namun sayangnya Pinisi yang ada di Sunda Kelapa saat ini adalah Pinisi replika,” pungkas Yori.


(LOV)