T50i Jatuh di Lanud Adisutjipto

Pesawat T50i Jatuh, Lima Hal yang Bakal Diselidiki Tim Investigasi

Arga sumantri    •    Minggu, 20 Dec 2015 18:21 WIB
pesawat jatuh
Pesawat T50i Jatuh, Lima Hal yang Bakal Diselidiki Tim Investigasi
Pesawat T50i Golden Eagle,--Foto: Ismawan Nugraha

Metrotvnews.com, Jakarta: TNI AU sudah mulai menyelidiki musabab jatuhnya Pesawat T50i Golden Eagle. Tim investigasi yang dipimpin Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Madya TNI Hadiyan Sumintaatmaja sudah dikirim ke Yogyakarta.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara Marsekal Pertama Dwi Badarmanto menyatakan, ada lima indikator yang bakal jadi bahan penyelidikan tim investigasi.

"Manusianya, mesinnya, misinya, medianya, dan manajemennya. Masing-masing ini akan dilakukan penyelidikan sedetail mungkin," kata Dwi di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Makassar Jakarta Timur, Minggu (20/12/2015).

Soal masalah di manusianya, Dwi mencontohkan tim investigasi bakal mencari tahu psikologis Pilot dan Kopilot sebelum menerbangkan pesawat. "Apakah ada masalah, kurang tidur dan lain sebagainya," tambah Dwi.

Terkait dua pilot yang menjadi korban yaitu Letkol Penerbang Marda Sarjono dan Kapten Penerbang Dwi Cahyadi, Dwi menegaskan keduanya memiliki kualitas baik. Pilot, Letkol Marda Sarjono yang merupakan komandan Skadron Udara 15 Lapangan Udara Iswahjudi, Madiun.

"Kualifikasinya tidak diragukan. Dia adalah komandan Skadron, tentunya orang pilihan untuk menerbangkan pesawat tersebut. Beliau adalah lulusan terbaik, dan dipercayakan untuk komandan skadron," ungkap Dwi.

Investigasi juga melibatkan pihak pembuat pesawat T50i Golden Eagle, yakni Korean Aero Industries. Pihak TNI AU berharap hasil penyelidikan tim investigasi didapat secepat mungkin. Sehingga, pihak TNI AU bisa segera mengumumkan penyebabnya.

"Sehingga kita bisa ambil kesimpulan dan kita bisa tahu bagaimana langkah yang akan diambil," terang Dwi.


(MBM)