Gejala Serangan Jantung yang Menyerang Perempuan

   •    Senin, 21 Dec 2015 08:03 WIB
kesehatan
Gejala Serangan Jantung yang Menyerang Perempuan
Wanita perlu mewaspadai gejala serangan jantung (Foto:Jonbarron.org)

Metrotvnews.com, Jakarta: Serangan jantung kini sudah mengincar usia muda. Pola makan dan gaya hidup punya andil besar dalam pembentukan kondisi ini.

Pada kasus yang parah, serangan jantung bisa langsung berujung pada kematian.

Tanda serangan jantung antara pria dan wanita pun berbeda. Studi menunjukkan ada beberapa gejala serangan jantung khusus yang hanya menyerang perempuan.

Apa saja?

1. Kelelahan
Lebih dari 70 persen wanita mengalami kelelahan ekstrim sebelum terkena serangan jantung. Kelelahan ini bahkan membuat Anda tak kuasa menjalani aktivitas seperti biasanya.

2. Insomnia
Kurang tidur akibat insomnia juga diakui sebagian wanita yang pernah terkena serangan jantung.

3. Stres
Sejak dulu stres memang sudah dikenal dengan risikonya terhadap serangan jantung. Kaum perempuan mengakui bahwa mereka lebih stres daripada biasanya sebelum mengalami serangan jantung.

4. Mual
Gangguan pencernaan seperti sakit perut, kram usus, dan mual dilaporkan oleh pasien wanita yang menderita serangan jantung.

5. Sesak napas
Mereka yang tak bisa bernapas dengan normal saat menaiki tangga atau melakukan tugas harian dianggap merupakan gejala serangan jantung yang menyerang kaum hawa.

6. Nyeri bahu, telinga dan leher
Banyak wanita yang mengatakan mereka merasakan sakit dan nyeri di sepanjang rahang sampai bawah leher. Terkadang bahkan bisa sampai telinga juga. Pada kondisi yang parah, nyeri bisa sampai bahu dan lengan. Jika demikian, Anda perlu waspada akan serangan jantung. (Sumarni/Times of India)


(ROS)