Rusia Klaim Telah Gagalkan 30 Plot Terorisme

Willy Haryono    •    Senin, 21 Dec 2015 12:49 WIB
politik rusia
Rusia Klaim Telah Gagalkan 30 Plot Terorisme
Presiden Rusia Vladimir Putin (tengah) dalam acara FSB di Moskow, 19 Desember 2015. (Foto: AFP/Alexey Druzhinin)

Metrotvnews.com, Moskow: Presiden Rusia Vladimir Putin memuji kinerja badan intelijen yang telah berhasil menggagalkan sekitar 30 plot terorisme dan menguak lebih dari 320 mata-mata asing sepanjang 2015. 

"Saya ingin berterima kasih kepada pegawai FSB. Lebih dari 30 kejahatan berunsur terorisme telah dicegah," kata Putin dalam sebuah pidato di Moskow, seperti dikutip AFP, Minggu (20/12/2015). 

"Badan intelijen kami menanggung beban tanggung jawab yang besar. Tahun ini mereka telah mengidentifikasi lebih dari 320 pengkhianat dan agen asing," sambung dia, yang pernah menjadi agen KGB dan kepala FSB. 

Putin mengatakan banyak mata-mata dari berbagai negara yang masuk ke Rusia sepanjang 2015. 

Meningkatnya aktivitas mata-mata dipicu pertempuran di wilayah timur Ukraina, yang terjadi antara pasukan Ukraina dengan separatis pro Rusia. 

Dalam kampanyenya, Putin juga menyinggung masalah global seperti Rusia, di mana militernya telah memulai operasi serangan udara pada 30 September. 

Dia menegaskan militer Rusia masih belum menggunakan seluruh kemampuannya di Suriah, dan memastikan dana tambahan dapat disalurkan jika memang diperlukan.


(WIL)