Metromini Kembali Mengaspal di Ibu Kota

Rossalyn Asmarantika    •    Selasa, 22 Dec 2015 08:27 WIB
metromini
Metromini Kembali <i>Mengaspal</i> di Ibu Kota
Ilustrasi--MI/Atet Dwi Pramadia

Metrotvnews.com, Jakarta: Hari ini, metromini kembali beroperasi seperti biasa. Angkutan umum berwarna orange tersebut sudah nampak berlalu lalang di jalanan Jakarta, Selasa (22/12/2015).

Pantauan di lapangan, metromini berbagai jurusan telah kembali mengantarkan warga Jakarta ke tempat tujuan masing- masing. Di kawasan Jakarta Pusat,  metromini dengan berbagai jurusan telah beroperasi, telah sempat mogok masal.

Sebelumnya, sopir metromini menggelar aksi mogok, lantaran tindakan Dishub DKI Jakarta yang merazia dan mengandangkan ratusan Metromini. Hingga Sabtu, 19 Desember sebanyak 217 Metro Mini dikandangkan di Rawa Buaya. Ratusan metromini tersebut dikandangkan, lantaran divonis tak layak jalan.

Aksi mogok metromini ini, tak menuai simpati masyarakat. Sebab aksi mogok metromini malah berdampak lancarnya sejumlah ruas jalan di Jakarta.

Pemerintah DKI Jakarta cuek dengan aksi mogok metromini. Bahkan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berharap aksi sopir Metromini itu dilakukan selamanya.
 
"Saya senang sekali (sopir Metromini) mogok operasi. Tidak perlu cape menangkap dan mengandangkan Metromini. Sudah mogok semua, enak banget," kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin 21 Desember.
 
Mantan Bupati Belitung Timur ini mengaku tidak pusing mencari solusi mogoknya Metromini. Ahok menyarankan Metromini berhenti permanen dan berharap Metromini tidak beroperasi kembali.
 
Ahok tetap optimistis sistem rupiah per kilometer menjadi solusi transportasi di Ibu Kota. Ahok yakin transportasi yang tidak ikut sistem rupiah per kikometer akan bangkrut.


(YDH)