Sejumlah Menteri Datangi Kantor BI Bahas Inflasi

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 23 Dec 2015 13:33 WIB
inflasirakor
Sejumlah Menteri Datangi Kantor BI Bahas Inflasi
Menko Perekonomian Darmin Nasution (kanan) berdiskusi dengan Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro (kiri) (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sejumlah Menteri Ekonomi Kabinet Kerja terlihat merapat ke Kantor Bank Indonesia (BI) untuk membahas dan melakukan koordinasi mengenai pengendalian tingkat inflasi. Koordinasi pengendalian tingkat inflasi ini menjadi penting karena berkaitan dengan laju perekonomian Tanah Air.

Adapun sejumlah menteri itu yakni Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, dan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan. 

Selain itu, terlihat pula Gubernur Bank Indonesia Agus DW Martowardojo, Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) M Syarkawi Rauf, dan Direktur Utama Perum Bulog Djarot Kusumayakti.

"Itu rapat koordinasi soal Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID)," kata Darmin, usai rapat di Gedung Perkantoran BI, MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (23/12/2015).

Menko Darmin mengatakan, pemerintah memperkirakan laju inflasi di tahun ini akan bisa dicapai dengan level yang rendah yakni pada kisaran tiga persen. "Inflasi tahun ini tiga persen. Bisa lebih sedikit, bisa kurang sedikit," ujar mantan Gubernur BI ini.

Kendati membahas tingkat inflasi, namun Menko Darmin mengaku dalam rapat kali ini tidak membahas mengenai rencana pemerintah yang ingin menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premiun dan solar.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Bambang mengatakan, selain membahas mengenai laju inflasi di tahun ini, rapat koordinasi tersebut juga membahas mengenai perkiraan laju inflasi di tahun depan. Hal itu dilakukan mengingat salah satu faktor inflasi yakni harga BBM yang rencananya akan diturunkan.

"Penurunan BBM pasti menolong inflasi tahun depan," pungkas Bambang.



(ABD)