BEI: Satu Emiten Niat Terbitkan KIK-DIRE

Dian Ihsan Siregar    •    Rabu, 23 Dec 2015 13:52 WIB
bei
BEI: Satu Emiten Niat Terbitkan KIK-DIRE
Properti (REUTERS/Kai Pfaffenbach).

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengatakan ada satu emiten yang berniat menerbitkan Kontrak Investasi Kolektif melalui Dana Investasi Real Estate (DIRE), dari sebelumnya ada 11 properti yang memiliki minat untuk menerbitkan KIK DIRE.

"Ada satu (emiten) yang sudah sounding," ucap Direktur Penilaian Perusahaan BEI Samsul Hidayat, ditemui di Gedung BEI, Jakarta, Rabu (23/12/2015).

Namun, Samsul belum bisa membeberkan identitas nama emiten tersebut.‎ Emiten itu sedang menunggu kepastian terkait perubahan perpajakan. Sebab penerbitan DIRE kurang diminati.

"Ada beberapa yang minat sudah datang ke kita. Mereka harap terutama skema perpajakan penjualan capital gain atas properti bisa diperbaiki. Dan itu masuk akal karena kalau nggak ada DIRE nggak ada pajak juga," tegas dia.

‎Penerbitan DIRE, Samsul mengakui, bisa berdampak positif pada perkembangan pasar modal. Selain itu, memberikan stimulus atau dorongan yang positif bagi sektor properti.

"Mereka bisa akselerasi pendapatan dana DIRE untuk pengembangan properti lainnya. Itu keuntungan yang bisa dihasilkan," tutup Samsul.


(SAW)