Jonan Bakal Cabut Izin Seumur Hidup Pilot dan Kru Kabin yang Terbukti Pakai Shabu

Husen Miftahudin    •    Rabu, 23 Dec 2015 19:17 WIB
kementerian perhubungan
Jonan Bakal Cabut Izin Seumur Hidup Pilot dan Kru Kabin yang Terbukti Pakai Shabu
Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan. MTVN/Husen Miftahudin.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan geram mendengar kabar pilot beserta kru kabin salah satu maskapai penerbangan dalam negeri yang menggunakan narkotik dan obat-obatan terlarang jenis sabu-sabu. Mantan Dirut PT KAI (Persero) ini mengancam untuk mencabut izin pilot dan kru kabin jika terbukti menggunakan sabu-sabu.

"Kalau yang nyabu saya kira Kemenhub sudah minta ke BNN (Badan Narkotika Nasional) data atau identitas daripada crew. Kalau sudah dapat, kita cabut izinnya. Cabut izin pilot, dan cabut izin crew," tegas Jonan ditemui di Gedung Bank Indonesia (BI), Jalan MH Thamrin No 2, Jakarta Pusat, Rabu (23/12/2015).

Jonan mengungkapkan, pencabutan izin yang dilakukan Kemenhub tak hanya sebatas pencabutan peringatan, melainkan pencabutan seumur hidup. "Kalau kena narkoba ya kita buang. Kalau itu saya tidak mau (kasih) ampun, saya mau suspend. Saya mau cabut seumur hidup," tukas dia.

Terkait aturan perekrutan pilot dan kru kabin, Jonan menjelaskan bahwa hal tersebut tak diatur oleh Kemenhub, tetapi dilakukan oleh maskapai penerbangan itu sendiri. Kemenhub hanya melakukan tes kesehatan saat sang pilot ingin mendapatkan sertifikasi.

Meski cek kesehatan dilakukan saat pilot dan kabin kru melakukan penerbangan, namun tes narkoba hanya dilakukan sesekali. Hal inilah yang membuat banyaknya pilot dan kabin kru terhindar dari jerat penindakan tegas aturan Kemenhub.

"(Tes kesehatan) ada, kan sudah kewajiban. Kalau cek itu (tes narkoba) random, tidak bisa setiap hari. Kalau mau tiap hari itu tidak bisa, kan kegiatannya besar. Tidak ada di dunia untuk cek narkoba setiap hari," pungkas Jonan.



(SAW)