Turunnya Harga BBM, jadi Asa Biaya Transport Turun

Ekawan Raharja    •    Kamis, 24 Dec 2015 09:49 WIB
harga bbm
Turunnya Harga BBM, jadi Asa Biaya Transport Turun
Harga Premium dan Solar resmi turun sejak 23 Desember 2015. MTVN/Ekawan Raharja

Metrotvnews.com, Jakarta: Natal bakal terlaksana besok dan liburan nasional sudah mulai dilangsungkan hari ini yaitu Kamis 24 Desember. Sebagai kadonya, pemerintah memberikan penurunan harga bahan bakar jenis Premium dan Solar.

Kini harga Premium dibanderol Rp7.150, turun dari harga sebelumnya Rp7.300. Sedangkan solar kini di harga Rp5.950, turun signifikan dari harga Rp6.700.

Menteri ESDM, Sudirman Said, melihat hal itu sebagai bentuk usaha untuk mendorong perekonomian di awal tahun. Termasuk harapan agar konsumsi masyarakat meningkat lagi, biaya transportasi turun sehingga juga bisa berdampak pada harga kebutuhan pokok lainnya juga turun.

"Kita harapkan tarif angkutan ikut turun, dengan kebijakan ini diharapkan dapat membuat ekonomi menggelinding di 2016," kata dia di Istana Presiden.

Direktur Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, IGN Wiratmaja Puja, pernah berujar bahwa harga bahan bakar minyak akan dievaluasi setiap tiga bulan sekali. Evaluasi ini nantinya akan mengacu pada harga MOPS, harga internasional, kurs dollar, dan biaya transportasi di Indonesia.


(UDA)