Tips Knowledge

Ban Tubeless Pakai Ban Dalam? Bisa tapi Manfaat Hilang

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 13 Nov 2017 09:41 WIB
tips knowledge
Ban Tubeless Pakai Ban Dalam? Bisa tapi Manfaat Hilang
Gunakan jenis ban yang sesuai peruntukannya. MTVN/Ahmad Garuda

Metrotvnews.com, Jakarta: Ada beragam alasan masih adanya orang yang menggunakan ban dalam di tipe ban tubeless. Salah satunya adalah ban tubeless yang digunakan sudah mengalami banyak kebocoran. Ada juga yang tidak begitu peduli dengan fungsinya. Pertanyaannya adalah apakah ban jenis tubeless boleh menggunakan ban dalam?

Menurut Kepala Departemen Teknis ban FDR, Jimmy Handoyo, menggunakan ban dalam untuk jenis ban tubeless boleh saja, tapi fungsinya sebagai ban tubeless akan hilang. 

Begitu juga kalau tertusuk benda tajam atau bocor, fungsi untuk bisa digunakan layaknya run flat tyre (ban yang masih bisa digunakan tanpa angin) tidak akan berfungsi lagi.

Ada pula yang menyebutkan menyebutkan bahwa penggunaan ban dalam di ban tubeless akan menghemat memperpanjang usia ban dalam. Benarkah?

"Secara logika, memang masuk akal. Karena bagian dalam ban tubeless memang cukup lembut karena berfungsi sebagai pengganti ban dalam. Jadi gesekan dengan ban dalam sendiri tidak akan besar, sehingga dikatakan bisa memperpanjang usia ban dalam. Tapi tidak ada teori baku mengenai itu," ujar Jimmy kepada Metrotvnew.com, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Disarankan agar menggunakan ban sesuai fungsinya agar kerja ban yang Anda gunakan bisa optimal sesuai dengan fungsi dan rekomendasi pabrikan. Jadi kalau sudah menggunakan ban tubeless, sebaiknya menggunakan ban tersebut sesuai fungsinya. 


(UDA)