Safety Driving

Trik Bensin Tetap Irit Menghadapi Jalan Tanjakan

Ekawan Raharja    •    Minggu, 26 Nov 2017 15:11 WIB
safety driving
Trik Bensin Tetap Irit Menghadapi Jalan Tanjakan
kondisi rpm harus dijaga ketika melewatu jalan tanjakan. Datsun

Bali: Salah satu cara agar efisien dalam menggunakan bahan bakar, untuk penggunakan mobil harian, biasanya akan ditentukan oleh perilaku sang pengemudi mobil masing-masing. Tentu saja saja ada trik mengemudi yang harus diketahui, khususnya kala melewati jalan menanjak.

Trainer Product Knowledge Nissan Motor Indonesia, Sugihendi, menjelaskan ada trik khusus untuk melewati jalanan tanjakan. Tidak melulu pengemudi harus injak penuh pedal gas untuk bisa melewati jalan menanjak.

"Saat menanjak, ketika mobil sudah mulai bergerak, usahakan dari jarak yang cukup jauh punya tenaga untuk menanjak. Bukan berarti kita (injak pedal) gas habis-habisan, tapi cukup untuk mendapatkan momentum bergerak,” ujarnya di Bali.

Kemudian usahakan juga putaran mesin tidak melewati 2.000 rpm. Sehingga mesin tidak perlu bekerja ekstra keras melewati tanjakan.

“Untuk menaikkan kecepatan, jangan menginjak gas secara tiba-tiba, bertahap saja. Karena, ini salah satu dari kunci eco driving. Jadi, bahan bakar yang paling besar dikeluarkan pada saat mobil dari diam sampai jalan,” ujarnya menjelaskan.

Perlu juga memahami bagaimana perilaku membawa mobil bermesin solar dan bensin. Lantaran ini akan menjadi kunci untuk membuat mobil bisa irit dalam penggunaan bahan bakar.


(UDA)