Tips Knowledge

Trik Pasang Soket USB Tambahan di Mobil

M. Bagus Rachmanto    •    Sabtu, 16 Jun 2018 14:26 WIB
tips knowledge
Trik Pasang Soket USB Tambahan di Mobil
Pasang soket USB tambahan agar tak bingung kalau mau isi ulang baterai handphone. Medcom.id/A Harry Budiawan

Jakarta: Banyak orang kebingungan ketika ingin melakukan isi ulang baterai handphone saat berkendara. Masalahnya tidak semua mobil memiliki soket USB. Solusi cepatnya, ada yang memasang soket modulator di lighter mobil, untuk memudahkan pengecasan.

Tapi memanfaatkan lighter rokok sebagai sumber listrik untuk mengisi daya, membuat kabin tidak sepenuhnya aman. Sebab komponen ini sebenarnya tidak berfungsi sebagai sumber daya. Apalagi ada komponen khusus yang ditambahkan agar bisa mengambil daya dari lighter tersebut.

Lantaran tidak praktis, solusinya bisa pakai soket USB tambahan, yang pemasangannya memanfaatkan slot saklar cadangan.

"Fungsi utamanya untuk ngecas HP, bedanya yang ini tinggal colok saja dan kabin tetap rapi karena pemasangannya memanfaatkan slot yang sudah ada," terang Wira Sentosa, juragan SACS Asia Jaya di bilangan Pondok Gede, Jakarta Timur.

Komponen ini banyak dipakai pengguna mobil di Jepang, karena praktis dan kabin jadi rapi. "Nah belakangan beberapa anggota komunitas Honda Freed mulai pakai, dan beli melalui eBay jadi harganya relatif tinggi," sambung Wira.

Pemasangan komponen seharga Rp350 ribu ini tak sulit, tinggal congkel tutup slot switch cadangan, dan sambungkan kabel soket menuju sumber listrik. Kabin pun bisa lebih rapi ketika piranti ini sedang tak digunakan. Kalau Anda ogah repot Anda bisa langsung sambangi bengkel aksesoris yang menjual komponen terebut.


(UDA)