Tips Knowledge

Atur Ritme Berkendara saat Menuju Kampung Halaman

Ainto Harry Budiawan    •    Selasa, 05 Jun 2018 15:38 WIB
tips knowledge
Atur Ritme Berkendara saat Menuju Kampung Halaman
Jangan terpaku untuk segera tiba ditujuan saat mudik. Dok. Medcom

Jakarta: Persiapan matang pada kendaraan jangan lupa pula jaga kondisi tubuh menjelang berangkat menuju kampung halaman. Kondisi fisik yang prima punya peran penting, terlebih faktor human error kerap jadi penyebab kecelakaan.

Dengan kemampuan fisik yang berbeda-beda, ada baiknya atur ritem berkendara selama perjalanan. Hal ini berlaku pula untuk pengendara sepeda motor, yang lebih menguras fisik karena terpapar langsung udara luar.

"Biasakan istirahat setiap dua jam, tapi itu bukan patokan. Biasanya semakin tua umur, semakin sering beristirahat, fisik tidak bisa dibohongi," kata Sony Susmana, Instruktur Safety dari SDCI beberapa waktu lalu.

"Saat jalan bersama teman, saya kerap diledek kok setiap rest area berhenti? Ya karena kemampuan fisik saat mengemudi tiap orang berbeda-beda," tambahnya.

Tingkat kepadatan jalan yang lebih tinggi, udara panas hingga rasa ingin buru-buru sampai tujuan kerap membuat pengendara memaksakan diri untuk terus mengemudi. Alhasil bisa menyebabkan kecelakaan karena saking lelahnya terjadi micro sleep.

Sebaiknya manfaatkan rest area yang disiapkan sepanjang jalur mudik jika sudah lelah. Kantuk tidak ada obatnya selain istirahat dan tidur sejenak, biar lambat asal selamat sampai tujuan jelas lebih baik bukan?


(UDA)