Tips Knowledge

Pakai Tire Sealant, Tak Perlu Pakai Nitrogen

Ahmad Garuda    •    Selasa, 25 Jul 2017 16:15 WIB
tips knowledge
Pakai <i>Tire Sealant</i>, Tak Perlu Pakai Nitrogen
Penggunaan tire sealant, bisa membuat temperatur ban jadi lebih stabil. Licdn

Metrotvnews.com, Jakarta: Pada dasarnya, orang-orang menggunakan nitrogen sebagai pengganti udara untuk tekanan angin ban, agar tekanannya lebih stabil. Artinya tidak berubah mengikuti temperatur ban, sehingga ban selalu dalam kondisi yang terbaik.

Namun penggunaan tire sealant akhir-akhir ini juga malah selalu dikombinasikan dengan penggunaan nitrogen di ban mobil. Kalau bisa dibilang, ini sedikit mubazir atau percuma. Lantaran fungsi tire sealant itu, sudah mendinginkan ban saat digunakan.

Menurut Marketing Director PT Tetsan - Maju Bersama, Philip Buulolo sebagai produsen tire sealant merek IML, mereka tak lagi merekomendasikan penggunaan nitrogen sebagai pengganti tekanan angin dalam ban. Mengingat fungsi tire sealant, selain sebagai cairan anti bocor ban, juga sebagai pendingin temperatur ban. Memang medianya lain, tapi fungsi pendinginan menggunakan media cair, juga dirasakan bekerja cukup baik," klaim Philip.

Lalu apa jadinya jika tetap menggunakan nitrogen ditambah dengan tire sealant? apakah akan ada efek buruk? menurut Philip itu tak berpengaruh. Tapi fungsinya sama saja.

Kalau berbicara tentang kadar udara yang menguap dari ban saat kondisinya memuai, juga tidak akan jahu berbeda. Hanya saja jika menggunakan nitrogen, kondisi tekanannya lebih stabil. Karena sifat nitrogen yang lebih dingin dan mendinginkan, sehingga penguapan akibat massa udara memuai bisa terminimalisir.

Lalu seperti apa keuntungan jika menggunakan tire sealant dan tidak? tentunya bisa terbaca dari fungsi dasarnya. Yaitu memberikan perlindungan terhadap penggunanya, terutama dari kebocoran ban secara tiba-tiba. Apalagi dalam kondisi tergesa-gesa.


(UDA)