Tips Knowledge

Ini Salah Satu Penyebab Kecelakaan di Jalan

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 28 Nov 2016 15:58 WIB
keselamatan berkendara
Ini Salah Satu Penyebab Kecelakaan di Jalan
Pintu mobil yang tidak tertutup rapat membahayakan keselamatan penumpang dan pengemudi. MTVN/M. Bagus Rachmanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Kecelakaan saat berkendara bisa disebabkan beberapa faktor. Biasanya kecelakaan terjadi akibat kelalaian. Salah satunya bentuk kelalaian adalah kurang menutup pintu mobil dengan rapat. Kejadian seperti ini sangat membahayakan keselamatan penumpang atau pengemudi.

“Ada daya dorong ketika kendaraan berbelok. Jadi, pintu bisa terdorong dan terbuka jika tidak tertutup secara rapat. Turbulensi udara yang masuk melalui pintu yang tidak tertutup rapat juga sangat membahayakan,” kata Foreman Toyota Auto2000 cabang Kalimalang, Slamet Haryadi kepada Metrotvnews.com, beberapa waktu lalu.

"Pintu yang tidak tertutup secara rapat juga berpotensi mengenai pengendara lain. Terlebih ke pengendara lain yang melintas dengan cepat," tambahnya.

Untungnya, sebagian mobil keluaran terbaru telah menyediakan fitur/lampu indikator yang akan memberitahu jika pintu dalam keadaan terbuka atau belum tertutup rapat.

Jadi, tingkat kewaspadaan perlu dilakukan oleh pengguna mobil lawas yang belum dilengkapi dengan fitur/lampu indikator. Pastikan dan periksa pintu mobil sudah tertutup rapat serta dalam posisi yang benar sebelum jalan sehingga aman bagi keselamatan pengemudi dan penumpang.
 


(HIL)