Ingin Membeli Mobil? Perhatikan 5 Faktor Ini

Hilman Haris    •    Jumat, 25 Nov 2016 11:25 WIB
tips mobil
Ingin Membeli Mobil? Perhatikan 5 Faktor Ini
Gaikindo Indonesia International Auto Show 2016 menjadi ajang konsumen mencari mobil baru (Foto:MI/Ramdani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mobil menjadi salah satu transportasi yang memudahkan masyarakat perkotaan untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Namun, membeli mobil tidak semudah membalikkan telapak tangan. Maklum, mobil terbilang mahal. 

Lantas, bagaimana mewujudkan impian membeli mobil dengan penghasilan minim? Apa saja faktor yang harus diperhatikan?

"Ada lima rumus pakem jika ingin membeli mobil. Ini rumus dari segi finansial. Pertama, perhatikan harga on the road (OTR). Lalu Anda juga harus memerhatikan biaya-biaya yang harus dikeluarkan jika membeli mobil secara kredit. Semisal bunga dan asuransi," ujar perencana keuangan, Aakar Abyasa, di Metro Plus Pagi, Kamis (24/11/2016).

"Setelah itu, perhatikan biaya-biaya operasional ketika mobil sudah dibeli. Di antaranya bensin, parkir, valet, tol, dan lainnya. Keempat, biaya perawatan tahunan. Lalu yang terakhir adalah pengeluaran untuk pajak," tambah Aakar.

Kelima faktor itu berdiri secara beriringan. Jadi, calon pembeli tidak boleh hanya memikirkan soal harga OTR saja. Jika merasa belum bisa memenuhi kelima hal itu, Anda disarankan untuk mengurunkan niat membeli atau kredit mobil baru.

"Masalah bisa timbul jika keempat faktor lainnya dilupakan. Justru, keempat faktor itu bisa menyulitkan finansial calon pembeli mobil," tutup Aakar.


 


(HIL)