Tips Knowledge

AC Mobil Tidak Dingin saat Macet? Ini Penyebabnya

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 17 Jan 2019 09:26 WIB
tips knowledge
AC Mobil Tidak Dingin saat Macet? Ini Penyebabnya
Jangan lupa lakukan perawatan untuk AC di mobil kesayangan anda. Medcom.id/Ekawan Raharja

Jakarta: AC mobil yang tidak dingin secara tiba-tiba adalah pengalaman yang menyebalkan. Biasanya terjadi ketika mobil berhenti atau tersendat di kemacetan. AC lalu bisa tiba-tiba kembali dingin saat mobil melaju kencang.

Menurut Alimin, mekanik bengkel spesialis AC di Bekasi Barat, masalah tersebut bisa terjadi karena kurang freon, motor ekstra fan AC yang sudah lemah atau swicthing rusak, dan thermostats yang tidak berfungsi secara optimal.
 
Fungsi kipas AC adalah untuk menghembuskan udara ke arah kondensor dan mendinginkan refrigerant. Sehingga refrigerant mengalami kondensasi dan berubah dari gas menjadi cair.



"Sebaiknya mengganti komponen yang rusak tersebut secara satu paket. Hal ini agar Anda tak perlu terus-menerus memperbaiki kerusakan yang sama pada kemudian hari," tegas Alimin.

Jika tiak diganti satu paket, Alasan beralasan dikhawatirkan akan merembet ke komponen lain dan merogoh kocek yang lebih besar. 

Selain itu, Alimin menyarankan untuk memeriksa kondisi kelistrikan. Bukan apa-apa, ektra fan AC butuh perhatian di bagian elektrik atau sirkulasi kelistrikan. Hal ini untuk mencegah masalah yang sama timbul di AC mobil Anda.


(UDA)