Tips Knowledge

Jaga RPM, Cara Terbaik Irit BBM Mobil Diesel Kecil

Ahmad Garuda    •    Senin, 27 Nov 2017 17:03 WIB
tips knowledge
Jaga RPM, Cara Terbaik Irit BBM Mobil Diesel Kecil
Berkendara dengan mobil bermesin diesel kecil seperti Tata Motors Super Ace, triknya jaga RPM. MTVN/Ahmad Garuda

Tangerang Selatan: Banyak orang yang kebingungan ketika berkendara menggunakan mobil dengan kapasitas mesin diesel kecil. Biasanya karena terbiasa menggunakan putaran mesin yang tinggi sebelum berpindah ke gigi yang lebih tinggi atau saat berada di jalan menanjak.

Padahal itu justru membuat mesin jadi boros bahan bakar dan tenaga juga jadi ngempos, karena melewati batas peak torsi mesinnya. Menurut sang juara lomba irit Tata Super Ace Super Challenge di Jabodetabek, Gunartono yang mampu membukukan 23,17 kilometer per liter, bahwa kuncinya adalah menjaga RPM.

"Menjaga rotasi putaran mesin atau rotation per minute (RPM) saat berkendara dengan mobil bermesin diesel kapasitas kecil, sangat penting. Torsinya ada di putaran bawah dan ini wajib dipahami oleh mereka yang ingin mengendarai mobil ini. Mengingat karakter torsi besar, tak membutuhkan penekanan RPM yang tinggi," klaim CV Marketing Manager PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI), Wilda Bachtiar kepada Metrotvnews.com di momentum lomba irit Tata Super Ace Jakarta, MInggu (26/11/2017).

Hal ini ditegaskan oleh Gunartono, sang pemenang lomba irit ala Tata Motors di Tata Super Ace Super Challenge (SASC) di Jakarta. Bahwa mengendarai mobil bermesin diesel kepasitas kecil, kuncinya adalah ketenangan mengendarai.

"Tak penting menekan pedal gas dalam-dalam, hanya akan membuat konsumsi bahan bakar jadi besar. Saya malah melakukan trik agar RPM tidak lebih dari 2.000. Kemudian kecepatan maksimal sampai 60-70 km per jam saja. Saat start pun sengaja saya biarkan naik secara perlahan, sehingga konsumsi BBM jadi sangat irit," klaim Gunartono.

Sayangnya, APM yang menjual mesin diesel berkapasitas kecil masih sangat terbatas. Baru Tata Motors saja yang berani melakukan ini di pasar nasional. Padaahal potensinya sangat besar.


(UDA)