Tips Knowledge

Libas Banjir Arus Deras? Jangan Pakai Seat Belt

Ahmad Garuda    •    Jumat, 15 Dec 2017 12:33 WIB
tips mobiltips knowledge
Libas Banjir Arus Deras? Jangan Pakai Seat Belt
Melibas banjir yang arusnya cukup deras, siap-siap dengan segala kemungkinan. Dok MTVN

Jakarta: Terkadang saat melibas genangan air saat hujan deras turun, ada bagian yang arusnya cukup deras dan dalam. Jika ini terjadi kepada Anda, harap mengetahui langkah-langkah antisipasi yang aman untuk pengemudi dan penumpang yang ada di atasnya. Salah satunya tak menggunakan seat belt.

Salah satu offroader nasional yang sudah lama berkecimpung di olahraga otomotif itu, Julian Johan, memberikan tips mudah saat melintasi genangan air yang cukup dalam dan airnya cukup deras.

"Dalam posisi mobil berjalan dengan kondisi pintu tertutup, kabin terbilang cukup kedap. Kalau begini, melintasi genangan air membuat mobil bisa sgak mengambang dan roda tidak dapat traksi. Artinya kemungkinan terbawa arus itu bisa saja terjadi. UJntuk mengakalinya, silahkan buka pintu agar air masuk di kabin dan ban mobil napak ke jalanan lagi. Ini kalau kondisi mesin masih menyala," jelas Julian.

Namun offroader nasional itu juga lebih awas jika memang kondisi mobil mesinnya tiba-tiba mati. Ia menganjurkan agar semua jendela dibuka lebar-lebar dan penumpangnya jangan menggunakan seat belt. Ini untuk menjaga kemungkinan harus keluar mobil secara tiba-tiba karena arus semakin kuat.

"Kita tidak tahu kondisi jalan atau air yang datang dari mana dan arusnya ke mana saat menerjang genangan. Sebaiknya tidak melintasi banjir apalagi genangan air cukup dalam dan berarus. Tapi kalau harus melakukan itu, silakan diperhatikan hal-hal detail yang memungkinkan untuk melakukan evakuasi cepat," imbuh Founder Rifat Drive Labs, Rifat Sungkar.


(UDA)