Tips Knowledge

Hal Yang Harus Diperhatikan jika Terpaksa Beli Ban Bekas

Ainto Harry Budiawan    •    Kamis, 24 May 2018 11:59 WIB
tips mobil
Hal Yang Harus Diperhatikan jika Terpaksa Beli Ban Bekas
Ban bekas jadi salah satu opsi saat dana mepet. Insurance Office

Jakarta: Membeli ban bekas jadi salah satu alternatif kala kondisi keuangan sedang tak bagus, sementara mobil perlu diganti bannya. Saat ini banyak toko ban yang selain menjual ban baru, ada pula yang menjual kondisi bekas.

Tak ada yang salah membeli ban bekas, tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pasalnya kita tak tahu kondisi ban yang sebenarnya, apakah vulkanisir, sudah dikerok ulang atau bagaimana. 

Mus Mulyadi dari bengkel Autopit mengatakan usahakan untuk membeli ban bekas yang tidak ada bekas tambalan. "Hal itu bakal mengurangi kualitas ban," kata pebengkel di Jakarta Timur ini beberapa waktu lalu.

Kemudian tetap perhatikan ketebalan kembangan ban, pastikan ketebalannya belum sampai menyentuh indikator TWI (tread wear indicator), apalagi yang sudah vulkanisir. "Pastikan juga sisi dalam ban tak retak," sambungnya.

Meski ban bekas, tak ada salahnya memilih yang tahun pembuatannya tidak terlalu lama. Anda bisa melihat kode produksi ban pada dinding ban. Semakin lama usia ban, kondisi karetnya tentu sudah tak begitu bagus.

Terakhir, jangan lupa pilih yang satu tipe untuk satu sumbu roda, dan kondisi ban yang paling bagus sebaiknya ditempatkan untuk roda belakang. Kenapa? Alasannya bisa Anda baca disini.


(UDA)