Tips Knowledge

Mobil Jarang Dipakai Tak Baik untuk Freon AC

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 07 Sep 2018 15:43 WIB
tips knowledge
Mobil Jarang Dipakai Tak Baik untuk Freon AC
Perawatan berkala bikin AC mobil lebih awet. Rekib

Jakarta: Penting menjaga kondisi air conditioner (AC) mobil yang merupakan fitur kenyamanan saat berkendara tetap prima. Sejuk, dan ketika musim hujan dapat membantu menghilangkan embun di kaca mobil.

Agar AC berfungsi dengan optimal, penting untuk melakukan perawatan secara rutin. Salah satunya rajin membersihkan kabin dari kotoran dan debu.

Tapi tahukah Anda, bahwa AC mobil yang jarang digunakan malah bikin cepat rusak alias tidak awet. Menurut Alimin, alasannya karena gas freon yang kelamaan mengendap dan mengalami pemuaian, bisa menjadi penyebab keroposnya dan bocornya saluran AC.

"Keawetan dan kerusakan AC mobil bukan hanya dari usia pemakaian. Prosedur penggunaan yang tidak sesuai juga bisa bikin AC menjadi tak awet, bahkan bisa menyebabkan kerusakan," terang Alimin kepada Medcom.id yang buka praktek bengkel spesialis AC di bilangan Bekasi Barat, beberapa waktu lalu.

Kejadian ini biasanya sering dialami bagi mobil yang jarang digunakan, untuk mengantisipasi kerusakan tersebut, disarankan sambil memanaskan mesin mobil sambil menyalakan AC sekitar 5-10 menit setiap hari. Ini bertujuan agar gas pendingin freon tidak mengendap dan ada sirkulasi.

Sisi positif lain yang bisa diambil dari hal ini, agar pemilik mobil bisa memastikan kondisi AC tidak dalam keadaan bermasalah. Sehingga selain mesin, komponen kaki-kaki, AC juga sudah siap mengawal jika tiba-tiba ingin melakukan perjalanan ke luar kota.


(UDA)