Tips Mobil

Lampu Utama Berembun, Ini Penyebabnya!

Ekawan Raharja    •    Senin, 02 Apr 2018 11:13 WIB
tips mobil
Lampu Utama Berembun, Ini Penyebabnya!
Lampu yang berembun membuat pancaran cahaya berkurang. Jaguar Forum/Kleaf

Jakarta: Lampu utama mobil merupakan salah satu bagian penting yang menjamin visibilitas saat mengemudi malam hari. Ketika memasuki musim hujan, salah satu masalah yang bisa ditemukan di lampu mobil adalah munculnya embun. 

Lampu mobil yang berembun dapat membuat tampilannya jadi kurang menarik dan mengurangi cahaya yang dipancarkan. Bahkan kebanyakan orang sulit untuk membersihkan embun yang berada di dalamnya.

Menurut situs resmi Daihatsu, Pengembunan ini terjadi akibat kondisi sil atau mika rumah lampu sudah tidak bagus atau bercelah. Kondisi itu bisa menjadi celah masuknya air atau udara ke dalam mika lampu. Akibatnya lampu bisa merembun atau bahkan meninggalkan genangan di dalam rumah lampu.

Biasanya terbukanya mika kaca atau sil disebabkan kebiasaan pemilik untuk memarkirkan mobilnya di luar ruangan dan terkena sinar matahari langsung. Panas matahari membuat sil kaku sehingga menimbulkan retak. Terbukanya sil juga bisa jadi disebabkan oleh usia mobil yang terlampau lama.

Bila menemukan lampu mobil yang berembun, sebaiknya segera dilakukan tindakan. Lampu mobil berembun akan membuat warna mika lampu kusam.

Membersihkan embun dari rumah lampu sebenarnya cukup mudah. Nyalakan lampu seperti biasa beberapa menit. Panas dari lampu akan membuat embun menghilang dengan sendirinya. Namun bila sudah menjadi genangan air, maka tidak ada cara lain selain membuka mika lampu tersebut.

Nah bagaimana dengan lampu di mobil anda? Sudah mulai berembun?


(UDA)