Tips Knowledge

Aki Takkan jadi Pemicu Ledakan

Ainto Harry Budiawan    •    Kamis, 07 Sep 2017 13:17 WIB
tips knowledge
Aki Takkan jadi Pemicu Ledakan
Aki meledak sering disebut jadi penyebab mobil terbakar. Business Insider

Metrotvnews.com, Jakarta: Akhir-akhir ini marak kasus mobil terbakar, baik saat sedang dikendarai maupun sedang terparkir. Sistem kelistrikan kerap dituding jadi penyebab mobil terbakar. Salah satu yang baru-baru ini terjadi di sebuah perumahan di Bekasi, Jawa Barat yaitu sebuah Honda Brio terbakar bagian mesinnya.

Aki sebagai sumber kelistrikan di mobil, sebenarnya tak mudah meledak atau terbakar, terlebih aki kering (tipe MF). Aki basah cenderung punya potensi meledak, namun dalam kondisi tertentu.

"Secara umum aki menghasilkan energi karena reaksi kimia, ketika digunakan akan keluar HS02, nah H itu hidrogen, nah ini yang riskan kena percikan api yang bisa sebabkan ledakkan," buka Andreas Dhanu Sugih, Presiden Direktur PT Furukawa Battery Indonesia.

Khusus tipe aki konvensional, saat ini sudah banyak yang pakai teknologi anti explotion. "Uap yang keluar, H-nya itu diolah lagi agar kembali masuk ke dalam, jadi yang keluar O2-nya saja," lanjutnya saat ditemui di Kemang, Jakarta Selatan.

Kebocoran hidrogen ini dalam jumlah tertentu akan memicu ledakan. "Tapi kalau sudah pakai teknologi ini, saat crash aki tidak meledak. Untuk aki motor relatif kecil kemungkinan karena ukurannya kecil," bebernya lagi.

Aki basah yang jumlah airnya kurang juga jadi pemicu ledakan. "Saat dicas, elemen yang tak terendam air akan lebih panas. Panas ini memicu tekanan lebih besar, otomatis aki akan meledak, ini jadi salah satu pemicu aki meledak," ujarnya lagi.

Selain aki, instalasi aksesoris yang membutuhkan daya listrik seperti audio, lampu HID juga harus rapi. Pastikan posisi dan kondisi kabel yang digunakan sudah benar dan tak ada yang terkelupas.


(UDA)