Tips Mobil

Pasang Roofbox, Barang Bawaan Aman, Penumpang Nyaman

Ainto Harry Budiawan    •    Sabtu, 01 Jul 2017 09:04 WIB
Pasang Roofbox, Barang Bawaan Aman, Penumpang Nyaman
Roofbox menambah daya angkut mobil hatchback yang terbatas. MTVN/ A. Harry Budiawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Setiap musim liburan pastilah banyak yang hendak bepergian keluar kota bersama keluarga. Sudah pasti barang bawaan yang diangkut cukup banyak, dan memakan tempat yang besar.

Jika pakai mobil mobil berjenis MPV atau SUV mungkin itu tak masalah, maka lain cerita jika menggunakan mobil berjenis hatchback dengan empat penumpang dewasa, satu anak kecil dan seabrek barang bawaan.

Kapasitas bagasi hatchback yang terbatas, bisa diakali dengan menggunakan roofbox. Kotak penyimpanan barang di atap mobil ini tak haram untuk dipasang untuk mobil jenis ini, justru malah membuat tampilannya lebih gagah.

Roofbox yang tersedia di pasaran hadir dengan berbagai macam kapasitas dan bentuk. Sebagai contoh, kami menggunakan roofbox Whale tipe Freeway, dengan kapasitas 410 liter, dan mampu menampung tiga buah koper ukuran sedang serta beberapa tas kecil.

Otomatis bagasi pun lebih lowong dan kami isi dengan barang bawaan yang diperlukan selama perjalanan, misalnya cemilan atau pun makanan agar mudah dijangkau. Selain itu bisa juga untuk menyimpan buah tangan yang dibeli dalam perjalanan.

Dengan dimensi mobil hatchback yang tak terlalu tinggi, menggunakan roofbox masih bisa melewati gardu tol otomatis (GTO) yang dibatasi 2,1 meter. "SUV besar saja lolos pakai roofbox, hatchback sudah pasti aman," jelas Ronny Alexander, dari PT Sole Indotrade distributor roofbox merek Whale.

Tak heran jika setiap momen liburan seperti Lebaran dan akhir tahun, penjualan barang satu ini melesat. "Lebaran ini saja sebulan sudah lepas 150 unit itu baru Jakarta saja, kalau tipe favorit masih Road Way," kata Ronny lagi.

Melihat fungsi dan kemampuan yang ditawarkan, rasanya konsumsi roofbox tak melulu untuk mobil MPV atau pun SUV. Mobil berjenis hatchback pun bisa pakai dan membuat tampilan lebih gagah.
(UDA)