Tips Knowledge

Cara Tepat dan Murah Merawat Kaca Mobil

M. Bagus Rachmanto    •    Minggu, 24 Sep 2017 16:37 WIB
tips knowledge
Cara Tepat dan Murah Merawat Kaca Mobil
Kaca mobil harus dirawat agar tetap memberikan visibilitas terbaik saat mengemudi. MTVN/Ekawan Raharja

Metrotvnews.com, Jakarta: Salah satu faktor pendukung berkendara aman adalah memastikan visibilitas yang baik. Sudah pasti saat berbicara visibilitas, kaca mobil merupakan bagian terpenting. Kaca wajib bening agar tetap bisa mengamati kondisi sekitar dengan baik. Apalagi dalam kondisi seperti sekarang yang sebentar panas sebentar hujan.

Berikut beberapa tips dari AstraWorld agar kaca tetap bening. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah menjaga kaca agar tetap bersih. Bidang kaca mobil yang cukup luas akan dengan mudah terkena berbagai macam hal kotoran. Jika ada noda di kaca dan tidak dibersihkan dengan cepat, nantinya noda tersebut akan mengeras dan sulit dibersihkan sehingga menganggu visibilitas.

Pasta gigi bisa hilangkan jamur di kaca mobil. 

Selanjutnya adalah mengecek kondisi karet wiper. Karet wiper yang sudah kadarluarsa akan mengeras dan akan meninggalkan goresan jika tetap digunakan. Sebaiknya segera ganti kaca wiper jika sudah mengeras dan sudah tidak maksimal untuk menyapu air di kaca.

Kemudian jika ingin membersihkan kaca, gunakan lap yang bersih dan lembut. Gunakan lap microfiber untuk membersihkan kaca agar tidak tergores dan pastikan lap yang digunakan dalam kondisi bersih.

Jika sehabis terkena hujan, segera bersihkan kaca dengan lap yang menyerap air. Jangan biarkan air hujan menempel di kaca karena dapat menimbulkan jamur kaca dan sukar untuk dibersihkan. Jamur kaca akan menganggu pengelihatan saat mengemudi, khususnya di malam hari saat lampu-lampu di jalanan menjadi bias dan tidak dapat diamati dengan seksama.

Terakhir adalah, selalu bersihkan kaca saat kondisi sedang basah. Baik membersihkan dengan lap atau wiper, kondisi kaca harus basah agar partikel debu dan pasir di kaca tidak menimbulkan goresan di kaca saat digunakan dalam kondisi kering. Jadi, pastikan ketersediaan air wiper juga tersedia agar dapat digunakan sewaktu-waktu.


(UDA)