Tips Knowledge

Cegah Gesrot, Mobil Ceper Wajib Pakai Air Suspension

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 11 Oct 2017 10:24 WIB
tips knowledge
Cegah <i>Gesrot</i>, Mobil Ceper Wajib Pakai Air Suspension
Pemasangan air suspension di mobil ceper biar tidak mentok. MTVN/M. Bagus Rachmanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Mungkin sebagian dari Anda belum mengenal apa itu Air Suspension (Suspensi udara). Tapi bagi yang belum tahu, Riefki Baskoro, Marketing dari bengkel Akasia khusus pemasangan air suspension, body repair dan modifikasi di bilangan Pondok Gede, Bekasi Barat akan mebeberkannya.

Air suspension pada dasarnya adalah sistem suspensi konvensional di kendaraan berupa per, diganti menggunakan sistem suspensi dari balon udara. Pada umumnya telah banyak yang pakai di bus keluaran baru,” kata Riefki saat berbincang dengan Metrotvnews.com, di Bekasi, beberapa waktu lalu.

Tapi penggunaan air suspension pada bus tentu berbeda dengan mobil standar atau mobil harian. Bedanya terletak dari bentuknya, kalau yang digunakan bus punya bentuk balon yang lebih besar sedangkan pada mobil biasa bentuknya lebih kecil.

“Meskipun punya cara kerja yang sama pada bus, secara fungsi juga memiliki perbedaan. Kalau pada bus kebutuhan naik turunnya air suspension hanya untuk mejaga keseimbangan, tapi kalau yang dipasang sendiri pada mobil standar aftermarket sifatnya lebih ke show dan fashion,” tambah Riefki.

Menurut Riefki bagi Anda yang ingin punya mobil ceper sangat dianjurkan menggunakan air suspension, karena mobil ceper resikonya susah dibawa kemana-mana. Sehingga diperlukan fungsi air suspension yang bisa naik turun dan diatur ketinggiannya sesuai selera.

“Balon air suspension bisa pendek  6-8 sentimeter, dan pada saat mengembang bisa sampai 30 sentimeter, saran saya untuk yang ingin mobilnya diceperin dan mempertahankan kondisi mobil tetap bagus, seperti menghindari terkena polisi tidur, dan gak ngerepotin saat di jalan saya sarankan untuk pakai air suspension,” tutup Riefki.

Pemasangan air suspension yang ditawarkan bengkel modifikasi memiliki model bervariatif sesuai keinginan konsumen. Harga mulai Rp28,5 juta untuk paket basic, sampai yang paling mahal Rp75 juta untuk paket spesial. 


(UDA)