Tips Perawatan Motor

Tak Semua SOP Bengkel Resmi, Cocok untuk Motor Anda

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 02 Jan 2019 09:08 WIB
perawatan kendaraantips knowledge
Tak Semua SOP Bengkel Resmi, Cocok untuk Motor Anda
Servis motor pra dan pasca liburan, agar motor lancar tanpa masalah. DAM

Jakarta: Sebagai sebuah langkah prosedural alias Standard Operational Prosedural (SOP) ketika melakukan servis motor atau mobil di bengkel resmi, pengisian angin pada ban adalah kewajiban. Namun jika Anda salah satu pengguna nitrogen dan pakai ban tipe tubeless, harus lebih waspada saat pengecekan tahap akhir.

Lantaran biasanya sang mekanik yang menangani proses servis mobil atau motor, akan melakukan pengecekan terakhir, termasuk mengecek tekanan angin pada ban sekaligus menambahkan angin.

Kalau ban kendaraan yang bersangkutan hanya menggunakan angin biasa, mungkin tidak akan jadi masalah. Namun ketika ban tersebut berisikan nitrogen dan dicampur dengan angin biasa, maka fungsi nitrogen takkan maksimal lagi.



“Untungnya tadi saat motor berada di zona final check atau pengecekan terakhir, saya berada tepat di depannya. Kalau tidak, mekanik itu pasti akan mengisi angin biasa ke dalam ban motorku. Padahal kan saya pakai nitrogen,” ujar salah seorang pelanggan usai melakukan servis ringan di salah satu bengkel resmi motor Honda di bilangan Meruya, Jakarta Barat, beberapa waktu lalu..

Tentunya kita juga tidak bisa menyalahkan sang mekanik, lantaran itu adalah SOP yang harus mereka kerjakan. Hanya saja konsumen juga harus lebih jeli memperhatikan proses final cek ini. 

Efeknya sih tidak begitu besar, hanya saja ban harus dikosongkan sebelum diisi nitrogen baru lagi. 


(UDA)