Tips Knowledge

Rotasi Ban, Trik Mudah Bikin Ban Mobil Awet

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 02 May 2017 08:00 WIB
tips knowledge
Rotasi Ban, Trik Mudah Bikin Ban Mobil Awet
Rotasi ban mobil, sangat disarankan untuk membuat penggunaan ban lebih optimal. Bathwicktyres

Metrotvnews.com, Jakarta: Ban mobil bisa tetap awet dan nyaman saat digunakan. Tapi ada juga cara-cara manual yang bisa dilakukan untuk membuat ban mobil jadi lebih awet seperti memberikan perhatian ekstra. Perawatan bisa dilakukan dengan dengan merotasi ban secara rutin. 

Hal ini dilakukan agar tingkat keausan ban merata di setiap sisi. Dengan begitu kondisi keempat ban tetap sama dan seimbang. Sebenarnya cara merawat ban mobil juga sudah diatur dan ada di dalam buku panduan kepemilikan mobil/manual book.

Bagi Anda yang belum mengetahui atau membaca buku panduan tersebut, Mus M sebagai Kepala Bengkel Autopit yang terletak di kawasan Kalimalang, Jakarta Timur, membagi ilmunya tentang cara merawat ban agar usia pakai lebih awet.

"Periksa tekanan angin, gunakan ukuran tekanan angin yang terdapat pada bagian dalam pintu mobil sebelah kanan. Karena ukuran tekanan angin yang dibuat oleh produsen mobil telah melalui riset dan pengujian," jelas Mus kepada Mrtrotvnews.com, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

"Kemudian lakukan rotasi bekala, yaitu memindahkan/menukar posisi kedua ban depan ke belakang setiap 10 ribu kilometer, hal ini bertujuan agar ban aus/habis secara merata/bersamaan. Karena berat kendaraan tidak merata pada keempat ban mobil," klaimnya.

Khusus untuk bagian rotasi ban ini, penting untuk memperhatikan posisinya. Ban depan sebelah kanan, hanya boleh dipindahkan ke belakang. Bukan dengan cara menukar posisi dari kiri ke kanan. Kalau dilakukan secara diagonal, itu masih direkomendasikan.

Perlu diingat, melakukan rotasi ban, tentunya hanya untuk mobil dengan ukuran ban yang sama. Sementara untuk ukuran berbeda, seperti yang terdapat pada mobil-mobil tipe sport, ukuran ban depan dan belakang biasanya berbeda. Jadi tidak disarankan untuk melakukan rotasi.

Hal ketiga yang disarankan oleh Mus, adalah melakukan spooring secra berkala setiap 10 ribu kilometer. Hal ini bertujuan agar ban tidak aus hanya pada satu sisi saja. Aus yang merata agar memungkinkan penggantian dilakukan sekaligus pada keempat ban. Karena penggantian ban baru secara bersamaan membuat kinerja mobil lebih optimal.


(UDA)