Tips Mudik Aman

Siasati Barang Bawaan Mudik di Mobil MPV

M. Bagus Rachmanto    •    Sabtu, 24 Jun 2017 09:18 WIB
tips mudik
Siasati Barang Bawaan Mudik di Mobil MPV
Manfaatkan kabin lapang MPV untuk membawa barang bawaan mudik. MTVN/M. Bagus Rachmanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Mobil jenis Multi Purpose Vihicle (MPV) masih menjadi primadona masyarakat Indonesia untuk dipakai mudik lebaran. Alasan yang mendasar adalah karena bisa membawa keluarga dan barang lebih banyak.

Namun kebiasaan memaksakan membawa banyak barang ini kerap kali dilakukan dengan beragam cara, mulai dari menyusun barang dalam kabin berlebih dengan mengorbankan kenyamanan penumpang, hingga menggunakan roofbox atau bagasi tambahan yang dipasang di atap mobil.

Saat mudik kemacetan menjadi salah satu tantangan yang paling besar untuk dihadapi, karenanya kenyamanan penumpang di dalam kabin sepanjang perjalanan menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan.

Nah bagi Anda yang memiliki mobil MPV Toyota Sienta, ada tips yang bisa diterapkan untuk mengatur barang bawaan di dalam mobil. Tentu saja aspek kenyamanan tetap diperhatikan agar penumpang tidak merasa terganggu. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatur bagasi saat mudik.

Jika MPV Anda terisi penuh oleh 7 penumpang, perhatikan barang bawaan yang akan dimuat dalam kendaraan. Pastikan beban barang-barang Anda tidak melebihi batas atau kapasitas. Gunakan tas atau koper yang tepat dengan yang berukuran sedang hingga kecil. Karena semakin besar tas atau koper yang dimasukkan ke kabin, akan menyita ruang.

Berbeda jika MPV Anda hanya diisi 5 penumpang, maka jok baris ketiga dapat dilipat dan dimanfaatkan sebagai bagasi, karena Sienta memiliki pelipatan bangku belakang unik bernama Dive-in Seta. Dengan fitur ini, jok baris ketiga bisa terlipat dan tersembunyi di kolong baris kedua.

Susun dan letakan koper atau barang yang besar paling bawah di bagasi. Hal tersebut untuk mencegah kerusakan isi maupun fisik tas. Perlu diperhatikan, masalah ini berkaitan denga kesematan berkendara. Hindari tumpukan barang sampai menutupi kaca mobil baik kaca belakang atau samping.

"Menyusun barang di kendaraan adalah berdasarkan bobot, yang paling berat diletakan paling bawah dan tengah. Kalau menaruh barang yang paling berat dibelakang otomatis center of gravity-nya pindah ke belakang," jelas Sony kepada Metrotvnews.com, di Jakarta, beberapa waktu lalu.


(UDA)