Tips Knowledge

Air dan Debu Musuh Utama Pelek Jari-jari

M. Bagus Rachmanto    •    Minggu, 09 Sep 2018 10:22 WIB
tips knowledge
Air dan Debu Musuh Utama Pelek Jari-jari
Oli bisa mencegah karat di pelek jeruji. Cyclegarden

Jakarta: Setelah digunakan untuk kegiatan rutinitas Anda setiap hari, tidak ada salahnya jika memanfaatkan libur akhir pekan Anda untuk memanjakan sepeda motor kesayangan. Salah satunya adalah merawat pelek motor yang masih menggunakan model jeruji/jari-jari atau spoke.

Salah satu 'musuh' spoke wheel alias pelek jeruji adalah debu dan air yang menempel tidak segera dibersihkan. Sebab, air dan debu bisa membuat pelek jeruji terserang karat/korosi. 

Namun Anda tidak perlu khawatir jika hal itu terjadi. Ada cara mudah megurangi atau membersihkan karat yang menempel di pelek, yakni dengan menggunakan oli mesin.

Ya, selain membuat mesin bekerja dengan baik, oli mesin ternyata dapat mengangkat karat di besi. Hal ini pernah dicoba oleh Venal salah seorang penggemar dunia otomotif. Hasilnya cukup bagus.

"Awalnya tahu cara ini dari teman yang juga montir motor. Ia berujar oli bisa mengurangi karat di pelek. Saya coba dan ternyata memang benar," Jelas pria pria ramah tersebut saat ditemui Medcom.id di daerah Cawang Jakarta, beberapa waktu lalu.

Cara membersihkan karat dengan oli tidak memerlukan waktu lama. Pemilik motor hanya perlu menyiapkan oli mesin dan dua buah kain lap kering. Lalu, Anda tinggal mengoleskan oli di pelek yang berkarat. Setelah didiamkan sekitar 2-3 menit, bekas olesan oli bisa langsung dibersihkan dengan lap kering.

Venal sadar cara ini memang tidak bisa menghilangkan karat 100 persen. Namun paling tidak daerah yang dihinggapi karat berkurang cukup signifikan dibanding sebelum dibersihkan dengan oli. 

Selamat mencoba!.


(UDA)