Tips Mudik Aman

Hindari Macet, Optimalkan Tol Fungsional

Ekawan Raharja    •    Senin, 19 Jun 2017 16:56 WIB
mudik lebaran 2017
Hindari Macet, Optimalkan Tol Fungsional
Polisi mengarahkan kendaraan keluar di Exit Tol Bulakamba menuju Jalur Pantura, Brebes, Jawa Tengah. Pengalihan arus ini untuk menghindari penumpukan kendaraan di Exit Tol Brebes Timur. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Metrotvnews.com: Salah satu penyebab macet total di exit tol Brebes Timur (Brexit) pada arus mudik lebaran 2016 adalah membludaknya jumlah kendaraan pemudik yang melaluinya. Baik yang hendak ke Pekalongan, Tegal, Semarang, Solo bahkan Jawa Timur.

Selain jumlah kendaraan, sumber kemacetan adalah ujung Brexit adalah pertigaan dengan dengan Jalur Pantai Utara yang tidak kalah padatnya. Belum lagi perlintasan kereta api tak jauh dari situ dan ekor antrian kendaraan di SPBU yang memakan badan jalan. Maka selepas gerbang tol masih ada beberapa antrian panjang yang harus ditaklukkan.
 
Namun tahun lalu memang tidak ada pilihan selain Brexit bagi para pemudik untuk melanjutkan perjalanannya. Ketika itu jalur tol selanjutnya yang menuju Semarang belum bisa dilalui sama sekali.

baca juga: Lewat Tol Fungsional? Persiapkan Ini

Berbeda dengan sekarang, meski belum sepenuhnya tapi jalur tersebut setidaknya sudah bisa dilalui walau dalam kondisi sekedarnya. Setelah melewati interchange Brexit dan membayar di gerbang tol, perjalanan melalui jalan tol fungsional tidak dikenakan biaya.

Pintu tol Brexit sebaiknya hanya untuk pemudik dengan tujuan Kota Tegal dan Kabupaten Tegal. Sedangkan yang hendak ke Pemalang, Purbalingga dan Banjarnegara bisa keluar di pintu exit Gandulan yang berada di Pemalang.

Bagi pemudik tujuan Pekalongon, sebaiknya keluar melalui pintu exit Kandeman. Sementara bila perjalanan lanjutannya harus melalui Semarang bisa keluar di pintu exit Gringsing yang jaraknya 40 kilometer dari Ibu Kota Jawa Tengah tersebut.

baca juga: Tol Salatiga Resmi Dibuka

Setelah memasuki wilayah Semarang para pemudik yang hendak menuju Solo, Yogyakarta dan Madiun bisa berbelok ke kanan masuk ke pintu tol Tembalang. Jalur tol dengan pemandangan yang indah ini akan melalui Ungaran, Bawen dan Salatiga. Khusus ruas Bawen-Salatiga yang masih merupakan tol fungsional.



 


(LHE)