Tips Knowledge

Hindari Mencuci Sepeda Motor Saat Mesin Panas

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 18 Sep 2017 12:34 WIB
tips knowledge
Hindari Mencuci Sepeda Motor Saat Mesin Panas
Mencuci sepeda motor saat masih panas dapat membuat kerusakan beberapa komponen. MotorcycleValley

Metrotvnews.com, Jakarta: Mencuci sepeda motor kesayangan ternyata tidak boleh asal. Salah perlakuan bukan membuat tampilannya menjadi kinclong dan bersih, malah menyebabkan kerusakan sebagian komponen.

Menurut Technical Service Training Development PT Astra Honda Motor, Sarwono Edhi, mencuci sepeda motor saat kondisinya masih panas cukup berbahaya bagi komponen.

Lebih lanjut Sarwono membeberkan, jika hal itu kerap dilakukan, komponen-komponen yang terbuat dari logam bisa merenggang dan cepat rusak.

"Mencuci sepeda motor saat mesin masih panas usai di pakai dapat mengakibatkan distorsi blok mesin. Ini sangat berbahaya. Kondisi ini juga berlaku untuk bahan-bahan dari logal lain, seperti knalpot," kata pria ramah itu kepada Metrotvnews.com, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Selain itu, mencuci pada kondisi itu juga dapat merusak krom sepeda motor. Alhasil, krom cepat kusam dan pudar. "Sebaiknya tunggu mesin sudah dingin kalau mau mencuci sepeda motor. Dengan begitu, komponen sepeda motor jadi lebih awet."

"Hal ini juga bisa mencegah deformasi atau perubahan bentuk komponen mesin yang terbuat dari logam akibat penurunan suhu yang cepat," tutup Sarwono.


(UDA)