Tips Knowledge

Waspada, Jangan Biarkan Bayi Tidur Lama Dalam Mobil

Ekawan Raharja    •    Minggu, 09 Oct 2016 17:19 WIB
tips mobil
Waspada, Jangan Biarkan Bayi Tidur Lama Dalam Mobil
Membiarkan bayi tertidur lama di dalam mobil beresiko untuk kesehatan. Getty Images

Metrotvnews.com: Membawa bayi saat perjalanan jauh dengan mobil, sering dilakukan seperti saat musim mudik. Namun membiarkan bayi tertidur di mobil dalam waktu lama, ternyata membahayakan kesehatannya.

Penelitian yang dilakukan oleh Bristol University menunjukan bayi yang tertidur di dalam mobil dalam waktu lama akan mengalami gangguan kesehatan. Penelitian yang dipimpin Dr Peter Fleming bahkan menunjukan mulai dari gangguan pernafasan hingga kematian dapat mengintai si buah hati.

"Hasil ini menunjukan kematian bisa saja terjadi meskipun peristiwa ini sangat langka," terang Peter Fleming seperti dikutip dari Daily Mail.

Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel 40 bayi, dengan komposisi 19 bayi yang lahir normal dan 21 bayi yang lahir prematur. Rata-rata para bayi memiliki umur 13 hari dan memiliki berat 2,2 kilogram.

Di sini mereka menguji fungsi jantung dengan menidurkan bayi di kursi mobil dengan kemiringan 40 derajat. Selain itu mereka juga menggunakan simulator yang seolah-olah dalam perjalanan dengan kecepatan 48 kilometer per jam.

Hasilnya setelah 30 menit perjalanan, kadar oksigen dalam darah bayi berkurang cukup signifikan. Bahkan detak jantungnya juga semakin meningkat.

Kondisi ini terjadi karena bayi yang baru lahir tak memiliki otot untuk menyangga kepala mereka. Kemudian, kursi mobil juga dapat mendorong kepala bayi ke depan, sehingga menghambat pernapasan si bayi.

Meski demikian, Dr Peter Fleming tak melarang pengunaan kursi bayi selama perjalanan. Hanya saja dia berpesan kepada orang tua, agar memantau kondisi bayinya setiap saat.


(UDA)