Tips Mobil

Waspadai Gejala Kampas Rem Belakang Habis

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 21 Sep 2016 08:55 WIB
tips mobil
Waspadai Gejala Kampas Rem Belakang Habis
Pastikan rem tangan mobil bekerja optimal karena berfungsi sebagai rem darurat. Yourmechanic

Metrotvnews.com, Jakarta: Selain berfungsi membantu pengereman saat mobil berhenti di tanjakan atau turunan, rem tangan punya peran yang lebih penting, yakni sebagai rem darurat. Yang berfungsi apabila rem utama mengalami malfungsi atau rem blong.

Ada baiknya cek kondisi rem tangan pada kendaraan Anda secara berkala. Di antaranya dengan membersihkan cakram/piringan rem. Untuk pemakaian normal, pembersihan cakram/piringan dapat dilakukan setiap 1.000 sampai 2.000 kilometer.
 
Selain itu periksa kondisi kampas rem secara keseluruhan, karena kampas rem yang sudah habis atau tipis, akan membuat kinerja pengereman menjadi tidak optimal, dan dapat merusak cakram/piringan akibat tergores besi dari kampas rem yang habis.
 
Jika hanya ingin mengecek atau memperbaiki fungsi rem tangan, cukup mengganti kampas rem bagian belakang saja, karena sistem pengereman pada rem tangan hanya terletak di roda bagian belakang.
 
“Tuas rem tangan yang sudah tinggi saat ditarik, bisa menandakan kampas rem roda belakang sudah habis/tipis. Bila diganti dengan kampas rem yang baru, secara otomatis setelan tuas rem tangan tidak tinggi lagi. Ketinggian tuas rem tangan juga bisa disetel sesuai selera, dan penyetelan juga bisa dilakukan biar rem tangan jadi lebih pakem,” beber Mislam yang buka bengkel Speed Shop di daerah Bekasi Timur, Jawa Barat.

Bila kampas rem masih tebal dan rem tangan tetap dalam posisi yang cukup tinggi, bisa juga dilakukan penyetelan. Caranya ada 3 macam, yaitu melalui baut penahan di bagian rem tangan itu sendiri, kemudian melalui percabangan kabel yang berada di bagian kolong mobil. Kemudian yang terakhir melalui kerenggangan kampas rem di bagian belakang. Cara paling mudah adalah menyetel melalui baut penahan di bagian rem tangan.


(UDA)