Handling Mobil Liar? Ini Gejala Tie Rod Rusak

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 31 Aug 2016 09:44 WIB
tips mobil
<i>Handling</i> Mobil Liar? Ini Gejala <i>Tie Rod</i> Rusak
Tie rod rusak bikin setir mobil tidak stabil dan liar. 4x4community

Metrotvnews.com, Jakarta: Memang tidak ada hubungannya kinerja mesin dengan sistem kaki-kaki mobil secara teknis. Namun secara mekanis. bisa menyebabkan setir mobil bergerak liar saat berakselerasi sehingga arah mobil bisa lari ke kanan-kiri. Kondisi seperti ini tak hanya berpengaruh terhadap kenyamanan, melainkan keamanan berkendara.

Gejala ini biasanya dialami mobil dengan sistem kemudi rack and pinion. Dan tie rod salah satu komponen yang berhubungan dengan sistem tersebut. Tie rod berfungsi mengikat dan menggerakan roda agar dapat belok kiri atau kanan. Jika rusak, komponen inilah yang bikin setir mobil Anda tidak stabil bergerak liar ke kanan-kiri.

Selain setir oleng, gejala yang ditimbulkan tie rod rusak adalah, roda akan terasa oblak dan mengeluarkan bunyi klotok-klotok karena sudah tidak bisa memegang setir secara optimal.

"Tie road yang sudah aus bisa bikin setir tidak stabil dan sulit dikendalikan, terutama saat melalui jalan bebas hambatan. Solusinya harus diganti baru, jangan pakai yang rekondisi karena tidak awet. Lebih bagus jika menggantinya kanan-kiri," jelas Fahmi, pemilik bengkel mobil Fahmi Jaya Motor, di Bekasi Timur.

Penyebab tie road rusak umumnya karena usia pakai, karena berdasarkan fungsinya tie rod punya beban kerja yang berat. Sering melewati jalan rusak, penggunaan pelek besar dan ban lebar sangat berpengaruh dan akan memperpendek usia pakai komponen ini.


(UDA)